Meritokrasi Diperlukan di Dunia Kerja, Ini Penjelasannya!

Meritokrasi Diperlukan di Dunia Kerja, Ini Penjelasannya! (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dalam bekerja, Anda mungkin sering mendengar istilah meritokrasi. Istilah ini sangat sering terdengar di dunia aparatur sipil.

Bacaan Lainnya

Meritokrasi adalah sebuah sistem atau prinsip dalam mana posisi dan penghargaan diberikan berdasarkan kemampuan, prestasi, dan kinerja individu, bukan berdasarkan faktor-faktor seperti hubungan pribadi, status sosial, kekayaan, atau faktor lainnya yang tidak berhubungan dengan kompetensi.

Dalam meritokrasi, terdapat beberapa standar wajib yang memenuhi kriterianya. Pertama adalah penilaian berdasarkan prestasi. Orang-orang dinilai dan dipromosikan berdasarkan pencapaian dan keterampilan mereka. Ini berarti bahwa mereka yang bekerja keras dan menunjukkan kinerja terbaik memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan posisi tinggi atau penghargaan.

Selanjutnya, kesempatan yang adil. Sistem ini berusaha menciptakan lingkungan di mana setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk sukses, asalkan mereka menunjukkan kompetensi dan dedikasi.

Terakhir, peningkatan kualitas. Meritokrasi mendorong peningkatan kualitas dalam berbagai bidang, karena individu berusaha untuk mencapai dan mempertahankan standar tinggi dalam pekerjaan mereka.

Contoh nyata dari meritokrasi terdapat dalam berbagai sektor, seperti sebagai berikut.

1. Dunia Pendidikan

Siswa atau mahasiswa yang menunjukkan prestasi akademik tinggi seharusnya menerima beasiswa dan penghargaan akademik yang sepadan.

2. Lingkungan Kerja

Promosi dan kenaikan gaji sering kali merujuk pada evaluasi kinerja dan kontribusi karyawan terhadap perusahaan.

Meritokrasi bertujuan untuk menciptakan keadilan dan efisiensi dengan memastikan bahwa orang-orang yang paling kompeten dan berprestasi lah yang menempati posisi strategis. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait