Mitigasi Bencana, PLN Peduli Salurkan Mobil Ambulans Kepada KPB Padang

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho serahkan langsung Mobil Ambulans kepada ketua KPB Kota Padang Zulkifli, bertempat di halaman Sekretaris KPB Kota Padang, Jl Abdul Muis No. 32 Kelurahan Jati Timur, Jumat (10/11/2023). (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Wujud komitmen berkontribusi terhadap aspek sosial masyarakat dan lingkungan sekitar, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat melalui program PLN Peduli serahkan bantuan sebesar Rp300 Juta dalam bentuk Mobil Ambulans kepada Kelompok Peduli Bencana (KPB) Kota Padang.

Bacaan Lainnya

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho serahkan langsung Mobil Ambulans kepada ketua KPB Kota Padang Zulkifli, bertempat di halaman Sekretaris KPB Kota Padang, Jl Abdul Muis No. 32 Kelurahan Jati Timur, Jumat (10/11/2023). Disaksikan oleh Perwakilan Dinas ESDM Provinsi Sumatera Barat, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat serta BPBD Kota Padang.

Bantuan ini sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) ke-11, dalam bentuk mengupayakan masyarakat bisa memiliki akses terhadap pelayanan dasar yang layak serta terjangkau lewat pembangunan keberlanjutan kota dan komunitas.

Disampaikan Zulkifli, bantuan 1 unit Mobil Ambulans ini akan menunjang penanggulangan bencana berbasis masyarakat oleh KPB Kota Padang. KPB Kota Padang sebelumnya tidak memiliki Mobil Ambulans sendiri untuk mendukung kegiatan kebencanaan yang cukup banyak dan intens. Namun kelompok ini menyewa Mobil Ambulans swasta jika sewaktu-waktu membutuhkan.

Padahal, lanjut Zulkifli, KPB Kota Padang melayani wilayah kerja yang cukup luas, yaitu meliputi 104 kelurahan. Maka Zulkifli mengaku bantuan dari PLN UID Sumbar ini akan sangat membantu kelompoknya dalam berkegiatan.

‘’Terima kasih untuk inisiatif mulia PLN UID Sumbar yang mau membantu kelompok kami. Kami adalah kelompok dengan anggota minimalis, yaitu sekitar 25 orang. Namun kami berkomitmen untuk menjadi tim tanggap dan siaga dalam kondisi darurat. Kami juga telah bermitra dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat. Insyaallah Mobil Ambulans ini akan bermanfaat bagi kebaikan masyarakat,’’ sampainya lagi.

Sementara itu Eric dalam sambutannya mengatakan, bantuan Mobil Ambulans ini merupakan bagian dari keberpihakan PLN pada keselamatan, kesehatan, dan perlindungan masyarakat.

‘’Tidak ada yang ingin bencana terjadi, namun kita tak dapat pungkiri bahwa Sumatera Barat adalah provinsi dengan peluang bencana. Kita dapat mitigasi bencana, perkuat siaga dan antisipasi bersama, diantaranya dengan penyediaan sarana kesehatan darurat seperti Mobil Ambulans ini,’’ lanjutnya.

Eric lantas berpesan agar Pengurus KPB Kota Padang mengelola secara maksimal bantuan Mobil Ambulans dari PLN tersebut demi keselamatan masyarakat. Kemudian melakukan perawatan yang diperlukan sehingga manfaat kendaraan ini dapat lebih tinggi dari nilai ekonominya.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, Eric lantas berterima kasih kepada seluruh anggota KPB Kota Padang yang bak pahlawan, mau berkorban dan berjuang untuk selalu siap dan siaga pada kondisi bencana bagi masyarakat banyak. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait