Patut Dilestarikan! Ini Makna Gotong Royong  

Patut dilestarikan! ini makna gotong royong. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)  

PADANG (SumbarFokus)

Gotong royong adalah sebuah konsep atau nilai yang berasal dari budaya Indonesia yang menekankan pada kerja sama bersama, saling membantu, dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama.

Bacaan Lainnya

Kata ‘gotong royong’ berasal dari bahasa Jawa yang berarti bekerja bersama-sama atau saling membantu. Konsep ini mencerminkan nilai-nilai solidaritas, kebersamaan, dan rasa tanggung jawab kolektif.

Makna dari gotong royong mencakup beberapa aspek, antara lain:

  1. Kerjasama dan Keterlibatan Bersama

Gotong royong menekankan pentingnya berpartisipasi bersama dalam melakukan suatu kegiatan. Semua anggota masyarakat atau kelompok diharapkan ikut serta dan berkontribusi.

  1. Saling Membantu

Gotong royong juga menunjukkan semangat saling membantu antaranggota masyarakat atau kelompok. Ketika ada yang membutuhkan bantuan, orang-orang di sekitarnya bersedia membantu tanpa pamrih.

  1. Kebersamaan

Konsep gotong royong menekankan pentingnya membangun hubungan yang erat antaranggota masyarakat atau kelompok. Dengan saling membantu dan berkontribusi, tercipta kebersamaan yang kuat.

  1. Rasa Tanggung Jawab Kolektif

Gotong royong juga mencerminkan rasa tanggung jawab bersama terhadap kepentingan bersama. Setiap individu diharapkan merasa memiliki tanggung jawab terhadap keberhasilan dan kesejahteraan kelompoknya.

  1. Spirit Sosial

Gotong royong juga menciptakan spirit sosial dalam masyarakat. Semangat untuk bekerja bersama-sama tidak hanya dalam keadaan sulit, tetapi juga dalam keadaan baik untuk mencapai tujuan bersama.

Konsep gotong royong bukan hanya menjadi bagian dari budaya Indonesia, tetapi juga dapat menjadi inspirasi untuk membangun solidaritas dan kebersamaan dalam berbagai komunitas di seluruh dunia. (015/BBS0

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait