Pelaku Begal Sepeda Motor di Pasbar Ditangkap, Gunakan Sajam saat Beraksi

Tim opsnal unit Reskrim Polsek Lembah Melintang Polres Pasaman Barat, saat meringkus pelaku R (19) di rumah keluarganya di Jorong Tampus Nagari Ujung Gading, Jum'at (23/6/2023). (Foto: Polsek Lembah Melintang/sumbarfokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Tim opsnal unit Reskrim Polsek Lembah Melintang Polres Pasaman Barat kembali mengamankan seorang pemuda berinisial R (19) yang diduga melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Begal) sepeda motor, Jumat (23/6/2023).

Bacaan Lainnya

Pelaku diketahui warga Jorong Kuamang, Nagari Kuamang Alai, Kecamatan Lembah Melintang, yang melancarkan aksinya di Jalan Lubuk King, Nagari Tampus Damai menggunakan senjata tajam (sajam) jenis parang.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melalui Wakil Sementara Kapolsek Lembah Melintang AKP Junaidi mengatakan, kejadian pembegalan yang terhadap korban, Siti Maisaroh Lubis (20), yang berstatus sebagai pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), yang merupakan warga Desa Bangun Saroha, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal,
terjadi m Jumat (23/6/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.

“Menurut informasi, saat itu korban bersama temannya hendak menuju bendungan Lubuk King dengan mengendarai sepeda motor merek Honda Beat nomor polisi BA 5045 SAA. Secara
tiba-tiba, korban dihadang oleh pelaku yang saat itu memegang senjata tajam dan melempari korban dengan menggunakan batu sehingga motor yang dikendarai oleh Namini (teman korban) terjatuh,” ucapnya, dikonfirmasi awak media, Sabtu (24/6/2023).

Ditambahkan, setelah sepeda motor korban terjatuh, korban dan saksi (Namini) melarikan diri, kemudian pelaku langsung mengambil dan melarikan sepeda motor milik korban. Setelah pelaku mengambil sepeda motor korban, kemudian pelaku menyembunyikannya di sebuah pondok kebun kelapa sawit yang masih berlokasi di daerah Lubuk King.

“Adapun motif pelaku melakukan aksi begal ini diduga karena ingin mendapatkan keuntungan dengan menjual sepeda motor hasil kejahatannya tersebut,” ungkapnya.

Diterangkan, berdasarkan Laporan Polisi nomor : LP/B/47/VI/2023/SPKT/Sek LM/ Res Pasbar/Polda Sumbar tanggal 23 Juni 2023, dan Surat Perintah Penyidikan nomor : SP.SIDIK/20/VI/RES.1.8/2023/ Reskrim tanggal 23 Juni 2023 serta Surat Perintah Penangkapan nomor : SP. Kap/22/VI/RES.1.8/2023/Reskrim, tanggal 23 Juni 2023, tim opsnal unit Reskrim Polsek Lembah Melintang langsung bergerak menuju Jorong Tampus dan mendapati pelaku sedang tidur di dalam rumahnya.

“Tidak menunggu waktu lama, petugas berhasil meringkus Pelaku di rumah keluarganya di Jorong Tampus, Nagari Ujung Gading yang didampingi oleh Kepala Jorong dan bersama warga setempat tanpa perlawanan sekitar pukul 20.30 WIB,” terangnya.

Petugas menyita barang bukti dari pelaku berupa, sebilah parang, sepuluh butir batu kerikil yang digunakan pelaku saat melempari korban, dan satu unit sepeda motor merek Honda Beat warna hitam dengan nomor polisi BA 5045 SAA. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian sebesar Rp15 juta.

“Saat ini pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Mapolsek Lembah Melintang untuk proses penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 365 ayat 1 Subs 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara,” tegasnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait