Pemilu 2024, Bawaslu Sawahlunto Ingatkan Kades Harus Netral

Ketua Bawaslu Kota Sawahlunto beserta dua komisioner lainnya. (Foto: RIKI YUHERMAN/SumbarFokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Sawahlunto Junaidi Hartoni mengimbau Kepala Desa se-Kota Sawahlunto untuk netral dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkannya dalam rapat koordinasi pemerintahan terdepan Triwulan IV Pemko Sawahlunto, di Balaikota, Senin (4/12/2023)

Dia mengimbau sekaligus mengingatkan agar kades dan perangkatnya bisa menjaga netralitas selama kampanye Pemilu 2024.

“Kades juga kami ingatkan untuk mematuhi ketentuan perundang-undanhan, yakni tidak berpolitik praktis, yang mengarah pada keberpihakan, berafiliasi dengan parpol serta membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu,” kata dia.

Dikonfirmasi SumbarFokus.com, dia menyebut, untuk mewujudkan pemilu demokratis, bermartabat, berkualitas serta sebagai upaya pencegahan pelanggaran, diajak para kades untuk menjaga integritas dan profesional dengan menjunjung tinggi netralitas.

“Sengaja kami meminta kepada Pj Wako untuk diundang para kepala desa, termasuk lurah, camat dan lainnya untuk menyampaikan terkait netralitas dalam kampanye pemilu yang tengah berlangsung saat ini,” kata dia.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Zefnihan saat memimpin rakor tersebut, juga ikut menekankan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjunjung tinggi netralitas termasuk kepala desa yang ada.

Zefnihan juga meminta agar ASN bijak dalam bermedia sosial dan tidak memperagakan pose poto dengan menggunakan berbagai simbol gaya jari dan lainnya.

“Apabila ada ASN yang melanggar aturan selama masa kampanye hingga pencoblosan tentu akan berlaku sangsi sesuai dengan aturan yang ada,” tegas Zefnihan. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait