Pemkab Pessel Bagikan Alsintan pada Keltan

Penyerahannya dilakukan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, di Kantor Dinas Pertanian, Painan, Rabu (16/8/2023). (Foto: REGA DESFINAL/sumbarfokus.com)

PESISIR SELATAN (SumbarFokus)

Pemkab Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, membagikan 121 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (Keltan) di daerahnya. Penyerahannya dilakukan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, di Kantor Dinas Pertanian, Painan, Rabu (16/8/2023)

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan perhatian pemerintah kepada kalangan petani, bagaimana bisa hidup lebih sejahtera lagi, dan produktivitas mencapai target yang diharapkan,” ucapnya.

Dikatakan , di zaman saat ini memang dibutuhkan mekanisasi pertanian.

“Harapannya, ini betul-betul bermanfaat. Jadi, tolong dijaga, tolong dirawat, dan tolong dimanfaatkan, sesuai dengan peruntukannya,” ujar Rusma Yul Anwar.

Kepala Dinas Pertanian setempat, Madrianto, menerangkan bahwa penyerahan alsintan prapanen dan pascapanen tersebut bersumber dari Dana DAK TA 2023.

“Kelompok penerima berjumlah 121 kelompok tani, yang tersebar di 14 Kecamatan dari 15 kecamatan,” ucapnya.

“Masing-masing keltan (mendapat) satu unit alsintan,” ujar Madrianto.

Untuk mesin alsintan yang dibagikan, terangnya, terdiri dari tujuh jenis, dengan total anggaran pengadaan Rp5.739.470.000.

Alek (50), asal lakitan, Lengayang, seorang anggota keltan penerima, mengaku bersyukur sekali memperoleh bantuan tersebut.

“Kami dapat bantuan kultivator, dan ini jelas sangat berguna, dan membantu sekali, karena memang dibutuhkan,” tutupnya. (000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait