Pemko Padang Dukung Pembelajaran Berbasis Digital

Mendorong peningkatan pembelajaran di era digital, Google For Education Indonesia menggelar lokakarya yang bertujuan untuk mendukung transformasi pembelajaran digital. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu hotel berbintang di Padang, Selasa (22/8/2023). (Pemko Padang/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Mendorong peningkatan pembelajaran di era digital, Google For Education Indonesia menggelar lokakarya yang bertujuan untuk mendukung transformasi pembelajaran digital. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu hotel berbintang di Padang, Selasa (22/8/2023).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang yang diwakili Kasi Kurikulum Dikdas Arman menyambut baik lokakarya tersebut.

“Google Education sudah mengajarkan sekaligus memperkenalkan konten, tadi juga sudah mencobakan Google Classmeet. Saat pandemi, selama ini hanya diberikan intruksi kepada guru dan pelajar,” kata Arman saat diwawancarai.

Arman menyebut transformasi pembelajaran digital merupakan pengalaman baru yang bisa diperoleh bagi guru dan peserta didik.

“Pemko Padang selalu menggaungkan dan mengimbau kepada guru di Kota Padang supaya melek informasi dan teknologi, karena mau tidak mau harus beradaptasi, zaman sudah berubah,” lanjutnya.

Arman menyebut pada Kurikulum Merdeka sudah berbasis Informasi Teknologi (IT), salah satunya adanya aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang disediakan Kemendikbudristek.

“PMM berguna untuk menunjang implementasi Kurikulum Merdeka, yang nantinya dapat membantu guru mendapatkan materi, referensi, inspirasi dan lainnya,” jelas Arman.

Sementara itu, Strategic Partner Manager Google for Education Indonesia Ganies Samoedra Muharyono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan akun pembelajaran nasional untuk mendukung pembelajaran digital.

“Harapan kami tentu ada perubahan secara perlahan, selain itu juga berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan mendorong peningkatan mutu pendidikan secara digital,” kata Ganies.

Lanjutnya, hingga saat ini pihaknya sudah menyuplai 1,3 juta lebih chromebook ke sekolah yang ada di Indonesia.

“Google juga mendukung program pemerintah untuk transformasi edukasi, hingga saat ini di Indonesia terdapat 40 juta akun pembelajaran guru dan siswa, peningkatan pelatihan kepada 405.311 guru serta 16 ribu lebih guru yang sudah bersertifikasi google,” terang Ganies. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait