Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Pengertian Hewan Karnivora
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Pengertian Hewan Karnivora

Bacaan Lainnya

Sebelum membahas lebih dalam, hal pertama yang akan kita pelajari bersama adalah pengertian karnivora. Akan lebih baik jika kita juga tahu dasar informasi mengenai karnivora yang dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Karnivora adalah sebutan bagi hewan pemakan daging. Karnivora juga bisa diartikan sebagai makhluk hidup yang mendapatkan energi dan nutrisi pada tubuhnya dari sumber makanan dari jaringan hewan. Karnivora juga berlaku bagi hewan yang menjadi pemangsa hewan lain maupun hewan yang hanya mengambil makanan dari hewan lain dengan kondisi mati atau membusuk.

Penggunaan kata karnivora diambil dari bahasa Latin, Caro dengan arti daging dan kata Voriare yang memiliki arti makanan. Dari dua kata tersebut bisa ditarik kesimpulan jika hewan karnivora adalah hewan yang selalu memakan daging untuk kebutuhan nutrisi dan kekuatan yang ada di dalam tubuh mereka.

Karena sumber makanan hewan karnivora adalah daging, maka tak jarang jenis hewan ini akan mendapatkan sumber makanan dengan cara berburu hewan lain yang ada di sekitarnya. Karena hal inilah kebanyakan hewan karnivora akan diberikan julukan sebagai sang predator.

Predator dalam hal ini bukan merujuk pada sifat jahat. Namun predator ini bisa dibilang sebagai aspek penting yang memiliki peran sebagai penyeimbang ekosistem yang bisa mencegah populasi hewan.

Dalam rantai makanan kedudukan dari hewan karnivora berada di peringkat paling atas sendiri. Akan tetapi bukan hanya hewan saja, namun ada juga tumbuhan yang memiliki sifat memangsa serangga atau hewan dengan ukuran kecil lainnya. Tumbuhan jenis ini juga disebut sebagai tumbuhan karnivora dengan karakteristik pemakanan hewan mkroskopis.

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Jika dilihat dari karakteristik yang ada di dalam sistem pencernaan hewan karnivora, ternyata sistem pencernaan yang dimilikinya lebih pendek dibandingkan dengan sistem pencernaan yang dimiliki oleh hewan herbivora. Salah satu alasannya adalah karena hewan karnivora memiliki jenis makanan yang lebih mudah untuk dihancurkan dan sangat berbeda dengan komponen selulosa yang ada di herbivora.

Dilihat dari karakteristik giginya, hewan jenis karnivora akan memiliki gigi yang kuat dan tajam. Memiliki karakteristik gigi yang kuat dan tajam menjadikan hewan karnivora akan lebih mudah dalam membunuh hingga merobek mangsanya. Proses ini bisa berjalan dengn lancar karena adanya dukungan dari satu set gigi taring dan juga gigi seri dengan keadaan tajam dan runcing yang dimiliki oleh hewan jenis karnivora.

Anda, sebaiknya jangan pernah ragu untuk memperkenalkan atau menjelaskan seputar jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya. Buku Berkenalan Dengan Hewan Herbivor, Karnivor, & Omnivor cocok dijadikan sebagai referensi si kecil lebih mudah dalam mengelompokkan hewan.

Meski begitu, kalian juga harus tahu jika tak semua hewan dengan karakteristik gigi taring tajam dan runcing adalah jenis karnivora. Pada proses pencernaan yang dimiliki oleh hewan karnivora, ketika makanan sudah dicerna dan dipecah menjadi bentuk yang sudah di siap untuk diserap. Jadi, makanan tersebut akan diserap oleh bagian usus kecil.

Sedangkan untuk nutrisi jenis lain, air, lemak dan juga protein jumlah kecil lainnya akan diserap oleh bagian usus besar. Lalu hewan karnivora juga tidak memiliki enzim pencerna seperti selulosa. Pada kingdom animalia, setiap jenis hewan yang ada di dunia ini memiliki ciri khasnya masing-masing.

Hal ini juga berlaku untuk jenis hewan karnivora yang memiliki beberapa ciri atau karakteristiknya. Simak penjelasan akan ciri-ciri yang dimiliki oleh karnivora adalah sebagai berikut ini.

  1. Sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh hewan karnivora mampu mencerna materi yang berasal dari hewan.
  2. Sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh hewan karnivora akan memiliki perut tunggal dengan saluran pencernaan yang lebih pendek.
  3. Gigi hewan karnivora akan lebih tajam dan kuat guna membantu dalam proses merobek dan memangsa hewan lain.
  4. Bagian kuku milik hewan karnivora akan lebih tahan yang berfungsi untuk melumpuhkan mangsanya.
  5. Memiliki kemampuan berlari yang begitu cepat ketika memburu dan memangsa mangsanya.
  6. Kebanyakan hewan karnivora adalah jenis hewan mamalia dengan kelenjar susu.
  7. Memiliki racun yang bisa melemahkan mangsanya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian hewan karnivora dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait