Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Naratif

Pengertian Teks Naratif
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Pengertian Teks Naratif

Bacaan Lainnya

Teks naratif adalah karangan cerita yang mengisahkan cerita nonfiksi atau fiksi berdasarkan urutan waktu atau bersifat kronologis. Sifat kronologis yang ada dalam teks naratif menjadikannya harus memiliki pembagian waktu dengan runtut, mulai dari awal hingga akhir. Teks naratif umumnya sering disebut juga dengan teks narasi. Pasalnya, teks naratif berarti sebuah jenis teks yang memiliki sifat narasi.

Apabila dikaji dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks naratif adalah teks yang memiliki sifat narasi. Sifat narasi merupakan sifat untuk menguraikan atau menjelaskan dan lain sebagainya. Sementara itu, sifat narasi juga bisa dimaksudkan sebagai prosa yang subjeknya sebenarnya adalah suatu rangkaian kejadian.

Sementara itu, menurut dalam Mengenal Teks Naratif dalam Bahasa Inggris karya Suningsih, teks naratif adalah sebuah sebuah teks yang menceritakan runtutan peristiwa yang bersifat menghibur pembaca dan pendengar. Teks naratif juga bisa berbentuk cerita dengan potongan beberapa dialog sehingga menjadikan cerita lebih mudah dipahami.Para pembaca juga tentu bakal lebih menghayati dan merasakan pengalaman atau peristiwa yang dialami oleh beberapa tokoh yang ada di dalam cerita tersebut.

Tujuan teks naratif biasanya digunakan sebagai media hiburan untuk pembaca. Teks naratif disebut mampu memberikan pengetahuan tentang cerita fiksi atau non fiksi yang baik kepada para pembacanya. Selain digunakan sebagai media penghibur, teks naratif juga bisa memberikan pengalaman keindahan, pengetahuan baru, hingga informasi penting kepada pembaca.

Teks naratif sendiri menyimpan banyak pesan moral dan amanat yang dimasukkan oleh penulisnya. Beberapa contoh teks naratif adalah cerita pendek, cerita panjang, novel hingga roman.

Karya yang berbentuk teks naratif cenderung memiliki dampak positif bagi para pembaca. Bahkan, banyak pembaca yang terpengaruh dan terinspirasi untuk mengikuti cerita yang dibuat oleh penulis.

Ciri-Ciri Teks Naratif

Setelah memahami pengertian dan jenis teks naratif, ada juga beberapa ciri-ciri teks naratif yang perlu Anda perhatikan pada saat mengerjakan soal UTBK maupun TOEFL, antara lain sebagai berikut:

  1. Teks naratif menggunakan bentuk kalimat (tenses) yang menunjukkan peristiwa atau kejadian di masa lampau > Past Tense.
  2. Kata keterangan (adverbs of time) yang umumnya muncul di awal kalimat pada teks naratif di antaranya yaitu, seperti long time ago, once, one, once upon a time.
  3. Adanya cuplikan dialog atau percakapan antar tokoh.
  4. Pemakaian kata sifat (adjective) dalam teks naratif untuk memberikan gambaran lebih detail dalam bentuk frasa (noun phrase).

Sementara itu, ada juga ciri-ciri dari teks naratif yang biasa ditemukan, seperti adanya unsur perbuatan (tindakan), unsur rangkaian waktu dan informasi, hingga adanya muatan dari sudut pandang seorang penulis atau subjektivitas dari pembuat tulisan.

  • Teks naratif harus sesuai dengan definisinya, sebuah teks yang harus menyajikan cerita tentang suatu kejadian, dengan beberapa kejadian secara urut atau kronologis (order of events).
  • Adanya beberapa peristiwa, teks naratif harus memiliki masalah atau konflik sebagai puncak dari cerita naratif tersebut. Selain itu, cerita narasi harus memiliki struktur teks naratif.
  • Sebuah teks naratif harus memenuhi unsur-unsur teks, sebut saja tokoh, latar, alur, tema, dan lain seterusnya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan ciri-ciri teks naratif. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait