Penghargaan Tertinggi Bidang Koperasi ‘Bintang Adidaya Jagadita’ Diberikan Dekopin pada Gubernur Sumbar

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menganugerahkan Bintang Adidaya Jagadita kepada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi. (Foto: Pemprov Sumbar/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menganugerahkan Bintang Adidaya Jagadita kepada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi. Penghargaan kategori tertinggi bidang koperasi tersebut diserahkan oleh Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita di Auditorium UNP, Padang, Minggu (23/7/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Gubernur Mahyeldi menyebut, pencapaian itu adalah buah dari kerja bersama seluruh masyarakat Sumbar yang telah menjadikan koperasi sebagai penopang utama sektor UMKM Sumbar.

Menurut Mahyeldi, filosofi koperasi sangat relevan dengan tatanan kehidupan masyarakat Sumbar, dimana budaya gotong royongnya dan nilai kekeluargaan begitu kental, bahkan menjadi pilar utamanya.

“Kesamaan itu, membuat koperasi cukup mudah berkembang di Sumbar,” kata Mahyeldi.

Ditekankan, saat ini Pemprov Sumbar sangat serius dalam mengembangkan sektor UMKM. Itu dituangkan secara jelas dalam misi keempat pada RPJMD Provinsi Sumatera Barat tahun 2021-2026, yaitu “mewujudkan usaha ekonomi produktif dan mampu bersaing di dunia global”.

Untuk mencapai hal tersebut, pihaknya mendorong melalui dukungan koperasi dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap akses permodalan konvensional yang berbunga tinggi.

“Secara pribadi UMKM akan kesulitan mendapatkan akses permodalan, karena rata-rata dari mereka adalah para pemula. Itu makanya, kita mendorong mereka untuk membentuk sebuah koperasi, sehingga kebutuhan modalnya bisa dari urunan dana para anggota,” ungkap Mahyeldi.

Ia berharap, dengan demikian ekonomi masyarakat bisa tumbuh secara merata, dan angka pengangguranpun bisa ditekan.

Sementara, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo menegaskan, koperasi harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Perlu ada penguatan agar koperasi tetap relevan ditengah ketatnya persaingan ekonomi saat ini.

“Digitalisasi adalah sebuah keharusan, koperasi dituntut mampu menyesuaikan diri melalui inovasi dan ragam produk yang berdaya saing,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menyebut, salah satu tujuan dari penganugerahan penghargaan itu adalah untuk meningkatkan kreativitas dan daya juang dari para pelaku koperasi Indonesia agar koperasi indonesia bisa menjadi lebih kompetitif dan beradaya saing.

Selain kepada Gubernur Sumbar, Menteri Perindustrian juga menyerahkan penghargaan yang sama kepada Mantan Menteri Koperasi dan UKM RI, Syarif Hasan dan Adi Sasono, atas prestasi mereka di bidang koperasi.

Selanjutnya, ia juga menyerahkan piagam penghargaan dengan kategori “Penggerak Utama” kepada 12 orang dan kategori “Madya”, dan Selayar kepada 45 orang praktisi koperasi Indonesia.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Koperasi UMKM RI Teten Masduki dan Ketua Dekopin Nasional, Nurdin Khalid serta para Pengurus Dekopin se-Indonesia. (000/adpsb)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait