7 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil, Bantu Perkembangan Janin

Penjelasan berbagai manfaat mangga
Menambahkan mangga ke dalam makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, yang diperlukan untuk penyerapan zat besi. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Banyak perubahan yang harus dibuat perempuan selama kehamilan, mulai dari aktivitas hingga makanan. Salah satu makanan yang mungkin sulit dihindari oleh ibu hamil adalah mangga.

Bacaan Lainnya

Pertanyaannya, apakah mangga aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Kabar baiknya, mangga sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, ini menjadi salah satu hidangan yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil asalkan tidak dimakan secara berlebihan.

Kali ini, kita akan membahas apa saja manfaat mangga untuk ibu hamil. Simak penjelasan berbagai manfaat mangga untuk ibu hamil berikut ini.

  1. Kaya akan kandungan gizi

Mangga dikemas dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil sampai batas tertentu. Misalnya, mangga adalah sumber yang kaya vitamin A, C, dan flavonoid. Mangga juga merupakan sumber kalium, folat, dan tembaga, yang sangat penting untuk ibu hamil.

Perempuan membutuhkan lebih banyak energi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Mangga juga tinggi akan kalori, sehingga bisa menjadi sumber energi yang hebat untuk perempuan hamil. Jadi, menambahkan mangga dalam jumlah sedang ke dalam pola makan dapat menjadi sumber energi tambahan bagi ibu hamil.

  1. Mempromosikan perkembangan janin

Asam folat atau vitamin B9 sangat penting untuk perkembangan normal janin, terutama otak dan sumsum tulang belakang. Mangga tinggi akan kandungan asam folat yang membantu perkembangan janin selama kehamilan.

Konsumsi mangga pada trimester pertama kehamilan dapat membantu pertumbuhan sistem saraf janin yang normal. Konsumsi mangga dalam jumlah tepat juga dapat mencegah cacat tabung saraf, kondisi yang biasanya terjadi di awal kehamilan. Kandungan vitamin B6 dalam mangga juga penting untuk perkembangan sistem saraf janin yang sehat.

  1. Mencegah preeklamsia

Preeklamsia adalah komplikasi yang banyak dialami perempuan selama kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan terkadang gejala kerusakan hati atau ginjal.

Asupan magnesium diperlukan selama kehamilan karena merupakan obat alami untuk preeklamsia. Magnesium bersama dengan vitamin E dalam mangga membantu membangun otot janin dan mencegah preeklamsia.

Mangga tinggi akan kandungan magnesium, yang merupakan obat alami untuk tekanan darah tinggi dan mencegah preeklamsia. Karena preeklamsia dapat menyebabkan kejang selama kehamilan, menambahkan mangga ke dalam makanan dapat membantu mencegahnya.

  1. Kandungan seratnya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan

Berbagai perubahan selama kehamilan dapat menyebabkan perempuan mengalami sejumlah gangguan pencernaan, salah satunya sembelit. Untuk membantu mengatasi masalah sembelit saat hamil, ibu hamil bisa mengonsumsi buah mangga.

Tingginya kandungan serat dalam mangga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat dalam mangga membantu mempertahankan perasaan kenyang lebih lama.

  1. Kaya akan antioksidan

Paparan radikal bebas dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kanker. Mangga mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu mengembangkan resistansi terhadap radikal bebas.

Vitamin C juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur. Kelahiran prematur sendiri dikaitkan dengan peningkatan berbagai masalah kesehatan pada bayi.

  1. Mencegah anemia

Perempuan sering mengalami anemia terkait kehamilan. Untuk mencegah anemia selama kehamilan, perempuan hamil perlu meningkatkan asupan zat besi.

Menambahkan mangga ke dalam makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, yang diperlukan untuk penyerapan zat besi. Oleh karena itu, mangga dianggap dapat meningkatkan kadar hemoglobin yang membantu melawan anemia.

  1. Menyeimbangkan cairan tubuh

Jumlah darah meningkat selama kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan mineral ekstra untuk menyeimbangkan cairan tubuh.

Mangga merupakan sumber berbagai mineral penting, seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang membantu menjaga keseimbangan cairan. Ini juga penting untuk saraf, jantung, otak, dan otot agar bekerja sebagaimana mestinya.

Itulah penjelasan berbagai manfaat mangga untuk ibu hamil yang membuat buah ini baik untuk dikonsumsi dalam pola makan sehari-hari. Namun, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Tanyakan kepada dokter kandungan atau bidan seputar berapa banyak mangga yang aman dikonsumsi selama mengandung. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait