9 Manfaat Buah Markisa yang Jarang Diketahui

Penjelasan manfaat buah markisa
Mengonsumsi buah markisa secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Buah markisa menjadi salah satu jenis buah dengan rasa perpaduan manis dan asam yang menyegarkan. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Tidak ada salahnya Anda cari tahu lebih banyak mengenai kandungan nutrisi dan manfaat dari buah ini. Tidak perlu khawatir, Anda juga bisa mengonsumsi buah ini dengan bijinya karena aman jika tertelan. Simak penjelasan manfaat buah markisa berikut ini.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Markisa

Berikut kandungan dalam 236 gram buah markisa segar, yaitu:

  • Kalori: 229.
  • Lemak: 1,7 gram.
  • Natrium: 66,1 miligram.
  • Karbohidrat: 55,2 gram.
  • Serat: 24,5 gram.
  • Gula: 26,4 gram.
  • Protein: 5,2 gram.
  • Vitamin C: 70,8 miligram.
  • Vitamin A: 151 microgram.
  • Zat besi: 3,8 miligram.
  • Magnesium: 64,8 miligram.
  • Potasium: 821 miligram

Berbagai kandungan nutrisi tersebut membuat markisa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi buah ini berlebihan untuk mencegah dampak negatif.

Lalu, apakah buah markisa dimakan dengan bijinya? Biji markisa aman untuk dikonsumsi. Jadi jangan khawatir jika Anda menelan biji markisa. Cari tahu manfaat kandungan markisa bagi rambut melalui artikel “Manfaat Minyak Buah Markisa untuk Kulit dan Rambut”.

Berbagai Manfaat Buah Markisa

Super nutrisi dari markisa membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat buah markisa? Nah, berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi buah markisa nyatanya bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan lemak yang rendah, sehingga membuat Anda terhindar dari peningkatan berat badan.

Selain itu, kandungan serat dalam buah ini juga cukup tinggi sehingga mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengontrol asupan makanan yang Anda konsumsi.

Mengonsumsi markisa juga terkait dengan menjalankan pola makan nabati. Menurut studi di Nutrients dengan judul A Plant-Based High-Carbohydrate, Low-Fat Diet in Overweight Individuals in a 16-Week Randomized Clinical Trial: The Role of Carbohydrates, pola makan nabati atau mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi terkait dengan penurunan berat badan, penurunan massa lemak, dan penurunan resistensi insulin.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah markisa secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Asupan serat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah sehingga mencegah pengendapan di arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan jantung.

Markisa juga kaya akan potasium yang dapat mengatur tekanan darah, melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Melansir dari Frontiers dengan judul Passiflora edulis: An Insight Into Current Researches on Phytochemistry and Pharmacology, terdapat 110 kandungan fitokimia yang terdapat dalam buah markisa. Namun, kandungan flavonoid dan triterpenoid masih memiliki jumlah yang paling besar dan bersifat anti hipertensi.

Inilah yang membuat buah markisa baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah markisa secara rutin untuk mendapatkan manfaat ini.

  1. Dapat mengatur kadar gula darah

Indeks glikemik rendah dan serat makanan tinggi membuat buah markisa menjadi pilihan pertama di antara buah-buahan lain untuk diet diabetes. Makanan rendah glikemik tidak menyebabkan peningkatan tajam gula darah setelah memakannya.

Serat pada buah markisa juga dapat membantu menyerap gula secara perlahan dalam aliran darah, yang menjaga kadar gula tetap seimbang.

Markisa juga kaya akan pektin, sejenis serat yang membuat kenyang tanpa menambah asupan kalori. Selain itu, biji pada buah markisa mengandung senyawa bernama piceatannol yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Buah markisa mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin ini jugalah yang memungkinkan tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan untuk membuat sistem kekebalan tubuh menjadi sehat.

  1. Menyehatkan pernapasan

Buah markisa memainkan peran penting dalam mengurangi semua masalah pernapasan. Contohnya seperti batuk, pilek, asma, dan gejala lain yang mirip flu.

Kandungan nutrisi pada buah markisa membantu mengencerkan dan melonggarkan endapan dahak di dalam dada dan rongga hidung. Ini dapat memudahkan pernapasan dan membantu tubuh menyingkirkan lendir.

  1. Memperkuat tulang

Buah markisa kaya akan berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Ini adalah mineral penguat tulang yang membuat tulang kuat dan sehat. Buah markisa memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi nyeri sendi.

  1. Membantu mengurangi risiko kanker

Penjelasan manfaat buah markisa selanjutnya ialah mengurangi risiko kanker. Buah markisa kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Melansir dari jurnal Antioxidant dengan judul Antioxidant and Anti-Tumor Effects of Dietary Vitamins A, C, and E, antioksidan bisa menurunakn risiko kanker dengan beberapa cara, seperti mengurangi stres oksidatif, mengurangi kerusakan DNA, dan mencegah perubahan perubahan sel yang berbahaya.

Buah ini juga mengandung vitamin A dan flavonoid yang membantu mencegah pembentukan kanker. Tak hanya itu, buah markisa memiliki senyawa chrysin yang memiliki aktivitas antikanker.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Buah markisa merupakan sumber vitamin A terbaik dan memiliki nutrisi bermanfaat bagi kulit. Markisa mengandung vitamin C dan vitamin B yang penting untuk kesehatan kulit.  Kombinasi dua vitamin ini akan menunda penuaan, menjaga kelembapan, dan elastisitas kulit.

  1. Mencegah anemia

Buah markisa mengandung vitamin C sangat tinggi sehingga baik untuk mencegah Anda mengalami anemia akibat kekurangan zat besi. Memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh membuat penyerapan zat besi menjadi lebih optimal. Sehingga jumlah zat besi dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Itulah penjelasan manfaat buah markisa. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait