5 Cara Memanfaatkan Minyak Goreng Bekas Pakai

Penjelasan Cara Memanfaatkan Minyak
Mengoleskan minyak goreng bekas pada permukaan panci dan wajan baru dapat membantu melindunginya. Cuci panci dan wajan baru sebelum digunakan dan oleskan sedikit minyak bekas pada permukaannya. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

merupakan salah satu bahan dapur yang biasanya selalu tersedia di setiap rumah. Beberapa ibu mungkin saja menggunakan minyak goreng berkali-kali untuk menggoreng . Padahal sebaiknya, minyak goreng hanya digunakan maksimal dua kali.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, jangan langsung buang minyak goreng bekas yang sudah tidak dipakai. Lebih baik manfaatkan untuk keperluan rumah tangga. Namun sebelum digunakan, jangan lupa saring dulu minyak hingga sisa-sisa makanan hilang dan minyak bersih.

Lantas, bisa dimanfaatkan sebagai apa saja ya minyak goreng bekas pakai ini?

Penjelasan Cara Memanfaatkan Minyak Goreng Bekas Pakai

  1. Pembunuh Gulma

Mengutip Hubbub, minyak goreng baru atau bekas, merupakan salah satu cara ramah lingkungan yang bagus untuk menyingkirkan gulma dari kebun. Gulma adalah tumbuhan yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya yang dapat merugikan karena menurunkan kualitas. Jadi, cukup masukkan minyak ke dalam botol semprot dan semprot ke gulma sampai terlapisi seluruhnya. Gulma pun akan hilang dalam waktu singkat.

  1. Penghilang Cat

Jika di akhir pekan Anda suka melukis atau suami mengecat tembok rumah, biasanya akan ada bekas cat di kulit. Untuk menghilangkan cat dari kulit atau bahkan rambut, coba oleskan minyak goreng sambil digosok. Kemudian biarkan selama lima menit, lalu digosok lagi sampai catnya terangkat.

  1. Melindungi Alat Berkebun

Angin dan hujan dapat merusak peralatan berkebun. Maka lindungi alat berkebun dengan menggosokkan sisa minyak goreng menggunakan kain. Minyak dapat mencegahnya berkarat dan juga membantu mencegah tanah menempel ke alat berkebun, sehingga tetap bagus seperti baru.

  1. Pelindung Panci dan Wajan

Mengoleskan minyak goreng bekas pada permukaan panci dan wajan baru dapat membantu melindunginya. Cuci panci dan wajan baru sebelum digunakan dan oleskan sedikit minyak bekas pada permukaannya.

  1. Pembersih Mobil

Mengutip Mahoney Environmental, minyak goreng bekas dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran–bahkan yang keras– dari permukaan mobil. Oleskan sedikit minyak goreng di atas lap dan bersihkan area yang terkena. Minyak goreng bekas dapat secara efektif menghilangkan kotoran, debu, serbuk sari, dan kotoran lainnya.

Itulah penjelasan cara memanfaatkan minyak goreng bekas pakai. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait