Minuman Menyegarkan, Ketahui Fakta Es Teh Manis

Penjelasan fakta es teh
Es teh manis mengandung asam oksalat yang tinggi. Konsumsi kandungan asam oksalat secara berlebihan akan membuat senyawa ini menumpuk di ginjal. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Es teh manis adalah minuman yang terbuat dari teh yang telah diseduh, kemudian dicampur dengan gula dan es batu. Minuman ini memiliki rasa manis dan dingin dan menjadi salah satu minuman yang populer untuk melepaskan dahaga serta menyegarkan.

Bacaan Lainnya

Jika mengonsumsi secara moderat, sebenarnya teh bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan risiko penyakit kronis yang lebih rendah.

Namun, jika konsumsinya berlebihan dan ada tambahan gulanya seperti es teh manis, minuman ini bisa menyebabkan efek samping negatif pada kesehatan. Karena itu, ketahuilah penjelasan fakta es teh manis.

Fakta tentang Es Teh Manis

Satu galon teh manis biasanya mengandung setidaknya 1 cangkir gula. Artinya, sebanyak 25 gram gula setiap segelas es teh manis.

Es teh manis juga mengandung asam oksalat yang berisiko pada masalah penyakit batu ginjal. Hal ini tentunya akan berbahaya jika sering minum es teh manis.

Inilah beberapa fakta es teh manis yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  1. Salah Satu Penyebab Gagal Ginjal

Es teh manis mengandung asam oksalat yang tinggi. Konsumsi kandungan asam oksalat secara berlebihan akan membuat senyawa ini menumpuk di ginjal. Hal ini mengganggu fungsi ginjal untuk mengeluarkan kotoran dari darah.

  1. Risiko Penyakit Gula Meningkat

Satu gelas es teh manis saja bisa mengandung 33 gram gula. Bahkan bisa lebih banyak dari itu. Jika kamu membeli es teh manis di warung, tempat makan, ataupun restoran, kamu tidak pernah tahu seberapa banyak takarannya.

Hal ini dapat memicu risiko penyakit gula. Jika ingin minum es teh manis yang aman, buatlah sendiri dengan takaran gula yang aman untuk kesehatan dan gunakan pemanis alami sebagai pengganti gula pasir.

  1. Berisiko Alami Obesitas

Jika kamu memiliki berat badan berlebih dan sedang berusaha menurunkannya, menghindari konsumsi minuman tidak sehat ini menjadi hal wajib. Sebab, dalam segelas es teh manis mengandung sebanyak 250 kalori.

Jika sering minum es teh manis, maka akan sulit untuk menurunkan berat badan berlebih. Bahkan seseorang bisa mengalami obesitas.

  1. Salah Satu Pemicu Stroke

Risiko mengalami stroke adalah salah satu penyakit yang bisa muncul akibat konsumsi es teh manis berlebih. Hal ini karena kandungan gula bisa memicu kadar trigliserida jadi lebih tinggi. Kondisi inilah yang memicu terjadinya stroke.

  1. Sistem Kardiovaskular Memburuk

Segelas es teh manis juga mengandung sekitar 47 miligram kafein. Jika kamu konsumsi secara berlebihan, kafein memicu efek sampin pada sistem kardiovaskular. Seseorang bisa mengalami efek gemetar dan gelisah jika terlalu banyak minum es teh manis.

Sebagian besar efek samping dari es teh manis berkaitan dengan kandungan gula yang tinggi, kafein, asam oksalat dan tanin. Jadi, penting untuk memperhatikan bagaimana kebiasaan minum es teh manis bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Selai es teh manis, ada sejumlah makanan yang juga tinggi akan asam oksalat. Simak informasinya dalam artikel: Berbagai Makanan yang Tinggi Kadar Asam Oksalat.

Itulah penjelasan fakta es teh manis. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait