Cara Membuat Analisis SWOT

Penjelasan membuat analisis SWOT
Analisa tidak  dapat dilakukan oleh satu orang karena hasilnya tidak akan efektif dan baik.  Namun jangan juga mempercayakan analisis SWOT kepada pihak di luar perusahaan. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Setelah memahami apa itu analisis SWOT dan juga contoh dari analisis SWOT, maka selanjutnya akan dipaparkan penjelasan membuat analisis SWOT yaitu sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat
  1. Mengumpulkan Sejumlah Pihak yang Terlibat

Analisa tidak  dapat dilakukan oleh satu orang karena hasilnya tidak akan efektif dan baik.  Namun jangan juga mempercayakan analisis SWOT kepada pihak di luar perusahaan. Kumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif yang berbeda untuk menemukan hasil yang variatif dan signifikan.

  1. Membuat Pertanyaan dari Setiap Komponen SWOT

Membuat pertanyaan yang masuk ke dalam komponen SWOT. Dalam menganalisis SWOT seperti menjelaskan pendapat yang memiliki tujuan untuk mengetahui apakah cara menjalankan bisnis sudah tepat dan benar.

Oleh karena itu, membuat beberapa poin pertanyaan dan meminta pendapat dari pihak lain yang terlibat. Misalnya, dalam analisis kekuatan, pertanyaan dapat seputar apa saja kelebihan yang dimiliki oleh bisnis yang sedang dijalankan? atau kelebihan serta keunikan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan tersebut yang tidak dimiliki dari perusahaan lain.

Siapa Yang Harus Melakukan Analisis SWOT?

Agar analisis SWOT dapat efektif, para pendiri dan pemimpin perusahaan harus terlibat secara mendalam, karena Ini bukan tugas yang dapat didelegasikan kepada orang lain. Akan tetapi, pemimpin perusahaan juga tidak boleh melakukan pekerjaan sendiri. Untuk mendapatkan  hasil terbaik, mengumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan.

Pilihlah orang-orang yang dapat mewakili berbagai aspek dari perusahaan, bisa mulai dari bagian penjualan dan layanan pelanggan hingga bagian pemasaran serta pengembangan produk. Setiap orang harus memiliki bagian dalam hal tersebut.

Perusahaan yang memiliki inovatif melihat di luar jajaran internal mereka  ketika sedang melakukan analisis SWOT dan mendapatkan masukan dari para pelanggan untuk menambahkan pendapat mereka untuk menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis.

Apabila kalian sedang memulai atau menjalankan bisnis sendiri, kalian masih bisa  untuk melakukan analisis SWOT. Mengambil sudut pandang tambahan dari teman atau kerabat dekat yang memiliki pengetahuan tentang bisnis yang sedang kalian jalankan, bagian akuntan yang kalian miliki, atau vendor serta para pelanggan. Kuncinya adalah mendapatkan pendapat dari sudut pandang yang berbeda.

Bisnis yang menggunakan analisis SWOT bertujuan untuk melihat dan menganalisis situasi  pasar pada saat ini dan menentukan berbagai strategi untuk melakukan pergerakan yang dapat mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Namun karena seiring berjalannya waktu kemungkinan ada banyak yang berubah tentunya perlu untuk mengevaluasi kembali strategi yang dijalankan, memulai dengan analisis SWOT yang baru dalam kurun waktu setiap enam hingga dua belas bulan.

Itulah penjelasan membuat analisis SWOT. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait