Obat Panas Dalam untuk Anak, Aman dan Efektif!

Penjelasan obat panas
Jahe memiliki sifat antipiretik (penurun panas) dan antiinflamasi, melansir Healthline. Kamu bisa membuat teh jahe hangat yang memberikan efek menenangkan pada tenggorokan. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Meski gejala yang muncul hampir sama, obat panas dalam anak dan orang dewasa berbeda. Termasuk dalam aturan minum dan dosis yang diberikan.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya obat medis, tetapi juga bahan alami yang bisa membantu meredakan gejala. Berikut beberapa penjelasan obat panas yang bisa kamu berikan untuk anak. Dengan catatan, obat-obatan berikut tidak menggantikan peran medis untuk memberikan perawatan yang tepat sesuai kebutuhan.

Obat panas dalam anak alami

Panas dalam merupakan beberapa gejala yang terjadi di area mulut, tenggorokan, dan saluran pencernaan. Sebenarnya gejala ini tidak merujuk ke penyakit tertentu, tetapi dapat menimbulkan rasa kurang nyaman bagi anak. Ibu bisa coba obat panas dalam anak alami berikut ini untuk mengurangi gejalanya.

Air lemon

Campuran air dan lemon dapat membantu meredakan gejala panas dalam yang mungkin disebabkan oleh radang. Vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat membantu melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif, melansir studi dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity.

Air garam

Dilansir We Trini Food, garam punya sifat menghidrasi dan bisa memengaruhi membran sel pada bakteri maupun virus. Oleh karena itu, garam bisa menghancurkan mikroba di mulut dan tenggorokan serta menghilangkan rasa sakit.

Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami yang dapat membantu mengurangi gejala panas dalam, melansir studi dalam Molecules. Kamu dapat memberikan madu sebagai obat alami untuk membantu meredakan panas dalam.

Jahe

Jahe memiliki sifat antipiretik (penurun panas) dan antiinflamasi, melansir Healthline. Kamu bisa membuat teh jahe hangat yang memberikan efek menenangkan pada tenggorokan dan meredakan gejala panas dalam.

Selain obat alami di atas, obat panas dalam anak juga bisa menggunakan berikut ini.

Paracetamol

Paracetamol adalah obat penurun panas yang umum digunakan untuk anak-anak. Pastikan untuk mengikuti dosis sesuai yang direkomendasikan oleh dokter.

Ibuprofen

Ibuprofen juga merupakan obat penurun panas yang efektif. Penggunaannya harus disesuaikan dengan usia dan dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

Larutan penyegar

Larutan penyegar bisa digunakan untuk mengatasi panas dalam anak. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai penggunaan yang tepat.

Kapan harus ke dokter

Dalam memilih obat yang tepat, sesuaikan dengan gejala dan kondisi anak. Lakukan pemberian obat sebanyak 3 kali sehari atau ikuti aturan konsumsi yang tersedia. Setelah 2-3 hari cek perhatikan perkembangannya apakah berubah atau tidak.

Jika panas dalam anak tidak kunjung mereda atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anak.

Baik obat panas dalam anak alami maupun medis, keduanya sama-sama berguna untuk membantu meredakan gejala. Namun, konsumsinya hanya bersifat sementara dan sebaiknya segera hubungi dokter untuk perawatan yang tepat.

Itulah penjelasan obat panas dalam anak. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait