7 Tempat Wisata Terpopuler di Sumatera

Penjelasan rekomendasi wisata terpopuler
Dari Sumatera Selatan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jambi dan menemukan Bukit Khayangan, sebuah objek wisata di Sumatera yang terletak 1.500 meter di atas permukaan laut. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Sebagai salah satu dari lima pulau terbesar di Indonesia, Sumatera memiliki kekayaan pesona alam dan budaya yang layak untuk dijelajahi. Tidak kalah dengan Bali, Labuan Bajo, dan Lombok dan beberapa destinasi teratas di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Pulau Sumatera memiliki daya tarik yang juga tidak main-stream dan unggul dengan daya tariknya tersendiri. Belum lagi, tempat wisata yang berada di pulau ini kaya dengan banyak cerita rakyat yang melatarbelakanginya. Wisata alam di Sumatera menjadi salah satu yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Ada banyak tempat wisata di Sumatera yang terkenal tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Dari sekian banyak tempat wisata di Sumatera yang indah dan memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri, berikut penjelasan rekomendasi wisata terpopuler di Sumatera yang wajib Anda kunjungi!

Pantai Kalianda, Lampung

Lampung merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang terkenal dengan keindahan pantainya. Jika anda berkunjung ke Lampung melalui jalur laut dan berlabuh di Bakauheni, anda dapat melakukan wisata pantai ke Kalianda, dimana di sepanjang pantai ini anda dapat mengunjungi pantai-pantai yang indah seperti Pantai Tapak Kera, Pantai Kedu, Pantai Marina, Pantai Batu Lapis, Pantai Merak Belantun, Sebalang Pantai dan pantai indah lainnya.

Selain itu masih banyak pantai indah lainnya di Lampung yang bisa anda kunjungi seperti pantai Tanjun Setia, pantai Pasir Putih, pantai Krui bahkan pantai Gigi Hiu. Danau Rana

Di perbatasan provinsi Lampung dan Sumatera Selatan ini, Anda bisa menemukan destinasi wisata Sumatera selanjutnya yaitu Danau Ranau. Tempat wisata di Sumatera ini merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba.

Selain pemandangannya yang selalu sangat indah, daya tarik lain dari tempat wisata di Sumatera ini adalah udaranya yang begitu segar dan menyegarkan, Anda akan merasa seperti berada di rumah sendiri sambil menikmati panoramanya.

Bukit Khayangan, Kerinci, Jambi

Dari Sumatera Selatan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jambi dan menemukan Bukit Khayangan, sebuah objek wisata di Sumatera yang terletak 1.500 meter di atas permukaan laut. Adanya kabut dan awan yang menyeret dataran membuat Anda serasa berada di atas awan.

Dari tempat wisata ini, Anda juga bisa melihat lebih dekat panorama Gunung Kerinci yang memang terkenal menakjubkan, juga merupakan salah satu gunung pendakian terfavorit para pendaki gunung. Bagi Anda yang sedang mencari suasana berbeda yang sejuk dan menenangkan, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat healing terbaik

Kawasan Lembah Harau

Tempat wisata di Sumatera selanjutnya adalah Lembah Harau yang terletak di Payakumbuh, Sumatera Barat. Cagar alam yang mengelilingi Kelok Sembilan menawarkan pemandangan ngarai yang menakjubkan dengan tebing dan tirai granit yang eksotis.

Lebih indah lagi karena terdapat air terjun di kawasan Lembah Harau ini dan keberadaan rumah tradisional Minangkabau menambah keunikan pemandangan Anda saat singgah di Lembah Harau. Sianok Bukit Tinggi .Jurang

Masih di Sumatera Barat, Anda bisa melanjutkan petualangan ke Ngarai Sianok.

Tempat wisata Sumatera ini terletak di perbatasan Bukittingi, Kabupaten Agam dan sering disebut Lembah Sunyi karena suasana kawasan ini sangat sepi, sehingga Anda bisa merasakan suasana hening dan damai.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera ini adalah sore hari. Selain udaranya yang segar menjadi teduh, Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di tempat ini.

Danau Maninjau, Sumatera Barat

Sumatera Barat memang kaya akan tempat wisata, objek wisata di Sumatera yang populer selanjutnya adalah Danau Maninjau. Meski perjalanan menuju destinasi wisata di Sumatera ini terbilang cukup sulit, namun pemandangan Danau Maninjau yang indah pasti akan membuat perjalananmu menjadi sama sekali tidak membosankan melainkan justru sangat menyenangkan.

Tidak heran lagi jika di Sumatera memang terkenal dengan banyak wisata danaunya yang indah-indah. Salah satu yang wajib kunjungi adalah Danau Maninjau. Landscape super cinematic di tempat ini pasti tidak akan membuatmu kecewa dengan lokasi aslinya yang menenangkan.

Riak Bono, Riau

Indonesia juga terkenal memiliki banyak tempat surfing terbaik yang tersebar di seluruh pulau di nusantara. Salah satu yang terbaik ada di Sumatera. Berbeda dengan tempat surfing biasa di pantai, destinasi wisata di Sumatera selanjutnya ini menawarkan sensasi surfing di sungai. Menarik, bukan?

Berada di Provinsi Riau tepatnya di tepi Sungai Kampar, Anda bisa menemukan fenomena alam Ombak Bono dimana arus air tawar dan air asin bertemu sehingga menciptakan ombak yang cocok untuk berselancar. Bagi Anda pecinta aktivitas olahraga ini wajib sekali mencoba sensasi surfing di tempat yang unik ini.

Untuk merasakan langsung pengalaman berselancar di destinasi wisata Sumatera ini, pastikan untuk mengunjunginya saat bulan purnama pertama di bulan Agustus saat terjadi gelombang Bono, sebuah fenomena ombak dengan tinggi mencapai lima sampai enam meter di hilir Sungai Kampar, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Danau Toba dan Pulau Samosir, Sumatera Utara

Penjelasan rekomendasi wisata terpopuler di Sumatera selanjutnya adalah danau Toba. Berbicara tentang tempat wisata di Sumatera, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Danau Toba dan Pulau Samosir di antaranya. Danau terbesar di Indonesia, ini merupakan hasil dari danau vulkanik yang berumur ribuan tahun. Menariknya, terdapat cerita rakyat yang sangat populer mengenai kemunculan pulau dan danau ini.

Selain menghadirkan keindahan alam yang memukau, Anda juga bisa mempelajari lebih jauh tentang adat budaya masyarakat Batak di desa-desa sekitar danau atau Pulau Samosir yang tidak hanya menakjubkan dari sisi keindahannya saja, namun juga dari latar belakang cerita yang menyertainya sejak ribuan tahun yang lalu.

Pantai Lhok Mee

Rekomendasi terakhir, kita bergeser ke bagian paling utara dari Pulau Sumatera. Terdapat sebuah objek wisata bahari yang dikenal dengan nama Pantai Lhok, berjarak sekitar 30 kilometer dari Banda Aceh. Keistimewaan tempat wisata di Sumatera ini adalah adanya pepohonan yang tumbuh di tengah laut sehingga menjadi spot foto yang sangat menarik.

Karakteristik pantai ini berpasir putih dengan pepohonan geurumbang yang berderet berjejeran pada ketinggian air sekitar 1-2 meter membuat suasana tropis di pantai ini terasa sangat berbeda dengan pantai lain pada umumnya yang memiliki pemandangan lepas pantai yang langsung samudera tak berujung.

Itulah penjelasan rekomendasi wisata terpopuler di Sumatera yang wajib Anda kunjungi! Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait