Tak Sebatas Bumbu Dapur, Ini 7 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Penjelasan tentang manfaat lengkuas
Rimpang ini mengandung flavonoid, tanin, saponin, dan beberapa senyawa fenolik lainnya. Fitokimia ini mampu menunjukkan efek antiinflamasi dan analgesik yang kuat. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Lengkuas atau laos adalah sejenis tumbuhan umbi-umbian yang dapat tumbuh baik pada daerah dataran tinggi maupun rendah. Rempah ini banyak terdapat pada berbagai negara Asia seperti India, Arab, Cina, Sri Lanka, dan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Penggunaan lengkuas lebih sering sebagai bahan campuran dalam masakan dan sebagai obat tradisional. Dalam masakan, lengkuas diparut dan langsung menjadi campuran hidangan. Sementara itu, untuk pengobatan tradisional, lengkuas merah merupakan jenis yang paling umum.

Tanaman herbal ini memiliki aromanya menyengat dan memiliki cita rasa yang pedas, tapi tidak sepedas jahe. Karena itu, rempah ini kerap menjadi pelengkap masakan, seperti rendang atau kari. Simak penjelasan tentang manfaat lengkuas.

Apa Saja Manfaat dari Lengkuas?

Selain menjadi bumbu masakan, lengkuas juga bermanfaat bagi tubuh. Ini terjadi berkat kandungan baik di dalamnya, seperti vitamin dan mineral. Ini termasuk vitamin A, B1, B2, B3, C, dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, dan zink.

Selain itu, rempah juga mengandung tinggi antioksidan yang berguna untuk kesehatan. Banyaknya kandungan nutrisi dalam rempah ini membuatnya memiliki manfaat untuk kesehatan, misalnya:

  1. Menghilangkan jerawat membandel

Jerawat adalah masalah yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebihan di kulit. Gangguan ini dapat teratasi berkat sifat antiinflamasi yang terdapat di dalam lengkuas.

Melansir dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, peradangan terjadi pada semua proses terjadinya jerawat. Dengan menggunakan berbagai bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi atau anti peradangan, akan membuat jerawat menjadi lebih baik.

Selain mengatasi jerawat, rempah ini juga efektif mengatasi masalah komedo dan bruntusan di wajah. Namun, jika gangguan kulit terus meradang, sebaiknya gunakan pengobatan medis dokter spesialis kulit untuk penanganan yang lebih optimal.

  1. Meminimalisir radikal bebas

Tanaman rimpang ini terdiri dari berbagai antioksidan yang dapat membantu meminimalisir kerusakan DNA akibat radikal bebas. Selain itu, zat tersebut dapat membasmi komponen toksik yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat di dalamnya, yakni flavonoid yang bersama galangin.

  1. Meningkatkan kesehatan rambut

Rimpang ini juga dapat efektif meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala dengan cara meningkatkan sirkulasi. Caranya dengan membuat jus lengkuas yang dicampur dengan minyak jojoba.

Kemudian, oleskan cairan tersebut secara merata di kulit kepala. Biarkan 15 sampai 30 menit, lalu bilas.

  1. Lengkuas meningkatkan kesuburan pria

Dari studi berjudul An Extract of Pomegranate Fruit and Galangal Rhizome Increases the Numbers of Motile Sperm: A Prospective, Randomised, Controlled, Double-Blinded Trial, lengkuas dapat meningkatkan kesuburan sperma.

Cara kerjanya dengan merangsang spermatogenesis dan meningkatkan jumlah serta motilitas sperma pada hewan pengerat. Sayangnya, belum ada studi terkini pada manusia. Jadi, manfaat yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  1. Melindungi dari infeksi

Ekstrak lengkuas menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini efektif mengatasi berbagai infeksi yang terjadi akibat patogen, seperti jamur, ragi, dan parasit.

Manfaat tersebut tercatat dalam dua jurnal berbeda, yakni Antioxidant and Antimicrobial Activity of Alpinia officinarum dan Alpinia: the gold mine of future therapeutics.

  1. Mengatasi radang sendi

Rimpang ini mengandung flavonoid, tanin, saponin, dan beberapa senyawa fenolik lainnya. Fitokimia ini mampu menunjukkan efek antiinflamasi dan analgesik yang kuat.

Hasilnya, tanaman ini mampu membantu mengurangi gejala atau keluhan kesehatan akibat radang sendi yang terjadi.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Cobalah untuk mengonsumsi air rebusan lengkuas secara rutin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas.

Manfaat Lengkuas untuk Kulit

Tahukah Anda bahwa lengkuas juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit? Menurut studi yang terbit dalam Cosmetics and Toiletries, para ilmuwan menyatakan bahwa ekstrak lengkuas meningkatkan produksi asam hialuronat. Zat ini membantu mengurangi garis senyum, mencerahkan, dan melembapkan kulit.

Selain itu, lengkuas juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Tentunya kulit yang terlindungi dari radikal bebas bisa terhindar dari berbagai tanda-tanda penuaan dini. Contohnya seperti kulit kusam, kerutan halus, hingga muncul flek pada kulit.

Itulah penjelasan tentang manfaat lengkuas. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait