7 Cara Ini Bisa Menurunkan Berat Badan Meski Jarang Olahraga

Penjelasan tips menurunkan berat
Mengonsumsi makanan kaya protein bisa membantu Anda merasa lebih cepat kenyang. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Meski banyak manfaat, tapi tak semua orang menyukai olahraga. Akhirnya, rencana menurunkan berat badan pun hilang hanya karena enggan berolahraga.

Bacaan Lainnya

Padahal, sebenarnya Anda masih bisa mengurangi tumpukan lemak di tubuh meski tak suka olahraga.

Merangkum berbagai sumber, ada banyak cara untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Namun dengan catatan, penurunan berat badan bisa didapat dalam jangka waktu yang realistis.

Menerapkan beberapa perubahan dalam rutinitas harian dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut beberapa rutinitas harian yang bisa membantu menurunkan berat badan meskipun tidak olahraga. Lebih lanjut, simak penjelasan tips menurunkan berat badan meski tanpa berolahraga berikut ini.

  1. Kunyah makanan pelan-pelan

Otak perlu waktu untuk memproses bahwa perut sudah terisi oleh cukup banyak makanan. Saat mengunyah dengan pelan, otak akan memiliki respons yang baik dalam mengirim sinyal kenyang.

Mengutip Healthline, sebuah tinjauan terhadap delapan penelitian melaporkan, orang yang tidak makan dengan cepat memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang jauh lebih rendah, dibandingkan orang yang makan cepat.

  1. Pakai piring kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil bisa membantu Anda makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat banyak. Gunakan piring kecil saat menyajikan makanan padat nutrisi dan rendah kalori di piring besar. Sebaliknya, gunakan piring kecil untuk makanan berkalori tinggi.

  1. Minum banyak air

Minum air bisa membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. Utamanya, jika Anda meminumnya sebelum makan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air sebelum makan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, tanpa memengaruhi rasa kenyang secara signifikan.

  1. Stop junk food

Camilan tidak sehat seperti keripik kentang, burger, atau piza memang enak. Tapi, semua makanan ini berkontribusi besar dalam meningkatkan berat badan.

Mengutip berbagai sumber, berhenti-lah membeli makanan tidak sehat ini dan beralih ke makanan sehat. Mulai dari buah, kacang-kacangan, hingga sayuran.

  1. Makan lebih banyak protein

Mengonsumsi makanan kaya protein bisa membantu Anda merasa lebih cepat kenyang. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan.

Anda bisa memilih telur rebus, dada ayam, tahu, hingga tempe untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

  1. Dapatkan waktu tidur yang berkualitas

Saat Anda mencoba menurunkan berat badan, apalagi tanpa olahraga, tidur cukup jadi salah satu kunci utama kesuksesan. Ingat, tubuh membutuhkan setidaknya 7-8 jam tidur berkualitas setiap malam.

Tidur berkualitas menjadi penting agar metabolisme tetap berjalan lancar dan membantu proses penurunan berat badan. Jangan jadikan waktu tidur siang sebagai kompensasi atas kurang tidur di malam hari.

  1. Hentikan minuman manis

Mengonsumsi satu porsi minuman manis dalam sehari dapat menghentikan upaya yang Anda lakukan hari itu untuk mengurangi berat badan.

Alih-alih minuman manis, coba perbanyak air putih. Selain lebih sehat, air juga nol kalori hingga tak bakal meningkatkan berat badan.

Namun demikian, cara menurunkan berat badan di atas akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika Anda sesekali meluangkan waktu untuk berolahraga.

Itulah penjelasan tips menurunkan berat badan meski tanpa berolahraga. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait