Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Penyebab Sakit Kepala
Penyebab sakit kepala bagian kanan selanjutnya adalah migrain. Migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut dan biasanya terjadi pada salah satu sisi kepala. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Ada sejumlah faktor yang dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan, antara lain:

Bacaan Lainnya
  1. Gaya Hidup yang Kurang Sehat

Faktor pertama yang dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah kanan adalah gaya hidup yang kurang sehat. Sebagai contoh, kurang tidur sehingga tubuh tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Selain itu, tegangnya otot leher akibat postur tubuh yang kurang ergonomis saat beraktivitas juga dapat memicunya. Misalnya seperti terlalu lama bekerja depan komputer dengan posisi yang tidak nyaman.

Tak hanya itu, sakit kepala sebelah kanan juga dapat dipicu oleh kurangnya asupan cairan, sehingga memicu dehidrasi. Risiko sakit kepala sebelah kanan juga akan meningkat jika Anda telat makan maupun terlalu lama menatap layar perangkat elektronik seperti komputer.

  1. Sinusitis

Adanya peradangan pada dinding sinus atau sinusitis juga dapat memicu sakit kepala sebelah kanan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kedua sisi kepala terasa sakit. Selain sakit kepala, pengidap sinusitis juga biasanya mengalami gejala penyerta. Contohnya seperti hidung tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, dan menurunnya kemampuan penciuman.

  1. Migrain

Penyebab sakit kepala bagian kanan selanjutnya adalah migrain. Migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut dan biasanya terjadi pada salah satu sisi kepala.

Biasanya migrain juga memiliki beberapa gejala penyerta. Misalnya seperti sensasi kepala berdenyut, penglihatan kabur, sensitivitas terhadap cahaya dan suara hingga mual dan muntah. Kondisi ini memiliki beragam penyebab, seperti stres, asupan makanan dan minuman tertentu, kelelahan, hingga perubahan hormonal.

  1. Hemicrania Contínua

Hemicrania continua adalah sakit kepala satu sisi yang jarang terjadi dan lebih sering terjadi pada wanita. Sakit kepala mungkin hanya di sisi kanan kepala, tetapi pada kondisi ini, sakit kepala dapat terjadi setiap hari dan terus menerus tanpa periode bebas rasa sakit.

Bersamaan dengan sakit kepala tanpa henti, pengidap kondisi ini juga dapat mengalami eksaserbasi atau perburukan gejala. Selain itu, hemicrania continua juga dapat menyebabkan gejala yang terjadi di sisi yang sama dengan sakit kepala, seperti:

  • Kemerahan atau robekan pada mata.
  • Pembengkakan kelopak mata.
  • Hidung meler atau tersumbat.
  • Berkeringat atau muka memerah.
  • Merasa seperti ada pasir di mata.
  • Sensasi telinga penuh.
  • Memburuknya rasa sakit dengan gerakan.
  1. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster adalah serangan nyeri dengan sejumlah karakteristik. Mulai dari sensasi panas, perih, atau menusuk di salah satu bagian kepala dan di sekitar mata. Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini. Mulai dari suhu yang terlalu panas, aktivitas fisik yang terlalu berat, konsumsi alkohol berlebihan, kebiasaan merokok, hingga bau menyengat dari sejumlah iritan seperti bensin.

  • Selain sakit kepala yang khas, kondisi ini juga biasanya memiliki gejala penyerta seperti:
  • Mengecilnya pupil pada salah satu mata.
  • Salah satu kelopak mata bengkak atau turun.
  • Mata menjadi merah dan berair.
  • Hidung tersumbat disertai wajah berkeringat.

Umumnya sakit kepala cluster terjadi pada pria dewasa berusia di atas 30 tahun. Berbeda dengan migrain yang bisa membaik dengan istirahat, gejala sakit kepala cluster biasanya akan menetap, meski pengidapnya sudah beristirahat.

  1. Trauma

Penyebab sakit kepala sebelah kanan berikutnya, yaitu trauma akibat hantaman benda tumpul maupun tajam. Khususnya yang terjadi di sisi kanan kepala. Sebab, trauma hantaman benda tumpul atau tajam yang parah dapat menyebabkan gegar otak.

  1. Asupan Kafein yang Tak Sesuai

Sakit kepala sebelah bisa muncul akibat menghentikan konsumsi kafein secara mendadak, maupun konsumsi kafein berlebihan. Sakit kepala akibat kafein biasanya ditandai dengan nyeri kepala sebelah dan terasa berdenyut. Kondisi kini juga kerap memiliki gejala penyerta. Contohnya seperti rasa mual, lemah, dan sensitif pada cahaya maupun suara.

Itulah penjelasan mengenai penyebab sakit kepala sebelah kanan. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait