Perlu Layanan BPJS Kesehatan di Luar FKTP saat Libur Lebaran? Bisa, Ini Penjelasannya

Kepala BPJS Cabang Padang Fauzi Lukman Nurdiansyah (kanan) dan Kabag Mutu Layanan Kepsertaan BPJS Cabang Padang Sari (kiri). (Foto: YEYEN/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Berkomitmen tanpa batas, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tetap memberikan layanan maksimal selama masa libur cuti bersama dan Lebaran, yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April tahun ini. Komitmen ini didasarkan pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan oleh BPJS Kesehatan. Bahkan, peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam satu bulan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Fauzi Lukman Nurdiansyah, saat Konferensi Pers, Senin (1/4/2024), yang mengangkat pembahasan Layanan Program JKN saat Libur Lebaran 2024,
Mudik Aman Berkesan bersama BPJS Kesehatan. Dalam kesempatan itu, Fauzi didampingi oleh Kabag Mutu Layanan Kepesertaan Sari.

“Prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia. BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB waktu setempat,” terang Fauzi.

Ditambahkan, bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dapat dilayani dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

“Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layangan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui aplikasi Mobile JKN,” rinci Fauzi.

*Posko mudik dan kemudahan yang diberikan*

Selain itu, untuk melayani pemudik selama libur Lebaran, BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April ini. Lokasinya tersebar di sejumlah titik strategis, seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Resr Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabukan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

Posko-posko tersebut menyediakan berbagai layanan, antara lain kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan.

“Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur Lebaran ini,” ujar Fauzi. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait