PLN Sumbar Siap Kawal Pasokan Listrik Iduladha 1445 H

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat siap kawal Iduladha 1445 H dengan listrik andal, sehingga masyarakat dapat merayakan Iduladha 1445 H dengan nyaman dan terang. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat siap kawal Iduladha 1445 H dengan listrik andal, sehingga masyarakat dapat merayakan Iduladha 1445 H dengan nyaman dan terang. Disampaikan General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, PLN telah mengupayakan layanan kelistrikan dari PLN tetap andal dan prima selama perayaan kurban berlangsung.

Bacaan Lainnya

Eric menyampaikan, hingga saat ini, pembangkit-pembangkit yang ada di Sumbar memiliki kapasitas 781,99 MW dengan beban puncak tertinggi mencapai 669,05 MW sehingga masih ada cadangan daya sebesar 112,94 MW. Dengan cadangan daya sebesar itu, Eric optimis PLN siap memberikan listrik berkualitas terbaik kepada 1,7 juta pelanggan PLN di Sumbar selama Iduladha 1445 H.

Selain siap dengan pasokan daya listrik, PLN UID Sumbar juga menyiagakan 1376 personil untuk siap bersiaga 24 jam selama perayaan Idul Adha. Sebanyak 1.376 personel ini terdiri dari 459 personil PLN dan 917 personil Tenaga Ahli Daya (TAD) dan mitra kerja, serta 3 tim Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Sebanyak 1376 personel yang tergabung dalam Tim Siaga PLN UID Sumbar ini bergerak tersebar di berbagai masjid dan titik-titik prioritas pelaksanaan pemotongan kurban. Selain itu juga telah disiapkan 35 Posko Siaga Iduladha 1445 H, yaitu 4 Posko di 4 PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) tersebar, 1 Posko di PLN Unit Pelaksana Pengaturan Beban Distribusi (UP2D), dan 30 Posko di seluruh PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) tersebar di Sumatera Barat.

Pemeliharaan terencana juga tidak diagendakan selama jelang Iduladha dan hingga perayaan Iduladha berlangsung. Sehingga seluruh kawasan Sumatera Barat akan tetap menyala dan bebas dari padam listrik sementara akibat pemeliharaan jaringan listrik.

Dijelaskan Eric, seminggu sebelum Iduladha 1445 H, tim siaga PLN telah menyelesaikan berbagai strategi keandalan. Diantaranya melakukan inspeksi dan pemeliharaan jaringan menjelang perayaan hari raya ied, memastikan kondisi backup genset pada lokasi-lokasi sholat beroperasi dengan baik, serta memasang genset di beberapa lokasi prioritas yang belum memiliki back-up genset.

Tim Siaga juga memastikan kondisi instalasi pada lokasi sholat dan acara kurban baik. Kemudian memasang UPS pada perangkat acara di lokasi prioritas seperti pada sound system. Beberapa lokasi prioritas di Kota Padang adalah Kantor Gubernur, Kantor Balaikota, Masjid Raya Sumbar, dan Masjid Al-Hakim.

‘’Kami akan mengawal kelistrikan selama pelaksanaan sholat ied, pemotongan kurban, hingga seluruh rangkaian acara di lokasi prioritas ini. Termasuk di seluruh lokasi Idul Adha di Sumatera Barat tentunya. Tim Siaga Idul Adha PLN UID Sumbar akan bersiaga hingga akhir pekan depan,’’ tutur Eric kemudian.

Upaya PLN UID Sumbar mengawal perayaan Iduladha 1445 H merupakan komitmen PLN untuk merealisasikan listrik tanpa kedip untuk kenyamanan hidup seluruh masyarakat, termasuk kenyamanan beribadah.

‘’Selamat merayakan Iduladha, selamat berhari raya kurban dengan berbagi dan beribadah. Untuk keandalan listrik biar menjadi urusan PLN,’’ sebut Eric. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait