Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Subtansi Ranperda RTRW Ditetapkan

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi, yang mengawali pertemuan dengan pernyataan terima kasih kepada para yang hadir dalam kesempatan tersebut. (Foto: DPRD Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Senin (3/6/2024), berlangsung di Ruang Sidang Utama gedung dewan, digelar Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat (DPRD Sumbar) untuk Penetapan Substansi Ranperda Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Sumbar tahun 2023-2043.

Bacaan Lainnya

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi, yang mengawali pertemuan dengan pernyataan terima kasih kepada para yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Disampaikan Supardi, ada dua materi yang dibahas, yakni tentang Penetapan Substansi Ranperda RTRW Sumbar Tahun 2023-2043. Kemudian Penyampaian Nota Pengantar 3 yakni, Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2023, Ranperda tentang RPJPD Sumbar tahun 2025-2045, dan Ranperda tentang Perusahaan Perseroan Daerah Penjamin Kredit Daerah.

“Berdasarkan tahapan penetapan Ranperda RTRW yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2021. Gubernur telah menyampaikan kepada DPRD, Ranperda tentang RTRW Provinsi Sumbar tahun 2023-2043 untuk dibahas dan mendapatkan kesepakatan substansi bersama terhadap substansi Ranperda RTRW,” ucap Supardi.

Diketahui, penetapan Ranperda RTRW memerlukan berbagai tahapan yang perlu diperhatikan, seperti hal-hal pokok yang diatur dalam RTRW, baik berupa tujuan, sasaran, kebijakan, rencana, struktur ruang, rencana pola ruang, serta substansi lainnya.

Berdasarkan hasil keputusan dari berbagai fraksi di DPRD Sumbar, bahwasanya RTRW Provinsi Sumbar telah disepakati oleh DPRD dan Pemerintah Daerah untuk disampaikan kepada Menteri dalam memperoleh persetujuan Substansi.

“Sehubungan dengan permintaan substansi tersebut, diminta kepada Pemerintah Daerah untuk segera mengkoordinasikannya agar DPRD dapat dilibatkan dalam pembahasan lintas sektor,” ujarnya. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait