Pemkab Pasbar Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (3/6/2024). (Foto: Pemkab Pasaman Barat/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat  menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati setempat, Senin (3/6/2024).

Bacaan Lainnya

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati Risnawanto, yang dihadiri dan diikuti oleh Bupati Hamsuardi, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, para ASN, dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

Wakil Bupati Risnawanto, dalam amanatnya, membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila menyampaikan, bahwa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai proklamator kemerdekaan dan pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Patut kita syukuri, sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang penuntun kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, dan Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Lebih dari itu, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” sebutnya.

Setelah pelaksanaan upacara, juga diserahkan sejumlah bantuan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan penyerahan penghargaan kepada OPD. Program CSR di Bidang Lingkungan oleh perusahaan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yaitu rehabilitasi tiga unit kontainer sampah dari perusahaan Wilmar Group (PT. Gersindo Minang Plantation, PT. Permata Hijau Pasaman I, PT. Permata Hijau Pasaman II), rehabilitasi satu unit kontainer sampah dari PT. Rimbo Panjang Sumber Makmur, rehabilitasi dua unit kontainer sampah dari Incasi Raya Group (PT. Bintara Tani Nusantara, PT. Pasaman Marama Sejahtera).

Selanjutnya, satu unit becak motor sampah dari PT Agrowiratama, satu unit becak motor sampah dari PT. Laras Intemusa dan PT. Andalas Agro Industri, dan satu unit kontainer sampah dari PT. Bakrie Pasaman Plantation. Program CSR dari sejumlah perusahaan ini akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk meningkatkan layanan urusan persampahan di Kabupaten Pasaman Barat.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan Innovative Government Award (IGA) dengan kategori Terinovatif untuk tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2023. Peringkat terbaik pertama diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dengan skor 99 dengan kategori Terinovatif dengan Inovasi Absensi Online Pasaman Barat.

Peringkat terbaik kedua diraih oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dengan skor 97 dengan kategori Terinovatif dengan Inovasi “Smart-Lah (Sistem Informasi Rumah Tidak Layak Huni). Peringkat terbaik ketiga diraih oleh Nagari Sinuruik dengan skor 96 dengan kategori Terinovatif dengan Inovasi “SUSTPADI (Susu, Telur, dan Kacang Padi).

Di akhir acara , juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan ketaatan penyampaian data invoice penjualan. Tandan Buah Sawit (TBS) oleh Bupati dengan kategori kepatuhan perusahaan penyampaian data invoice penjualan TBS kepada PT. Gersindo Minang Plantation, PT. Andalas Agro Industri dan PT. Agrowiratama. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait