Rekomendasi Menu Diet Sehat

Diet sehat
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Upaya untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan kerap diartikan sebagai diet. Tak heran jika sebagian besar pelaku diet ialah mereka yang memiliki tubuh gemuk atau berat badan berlebih.

Bacaan Lainnya

Padahal diet merupakan pola makan seimbang yang diterapkan beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari diet bisa saja untuk menjaga kesehatan tubuh, memulihkan kondisi badan setelah sakit, membentuk tubuh, hingga meningkatkan berat badan.

Pengaturan pola makan yang tepat diperlukan untuk menjalani diet sehat alami. Anda dapat menentukan makanan diet sehat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Menentukan makanan diet penting untuk diperhatikan karena hal tersebut sangat menentukan hasil akhir dari diet yang Anda lakukan. Berbicara mengenai diet tentu berkaitan erat dengan daftar menu diet sehat.

Daftar makanan bergizi seimbang dengan kadar yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh setiap harinya disebut menu diet sehat. Tiap pelaku diet biasanya membuat daftar menu yang sesuai dengan kebutuhan mereka untuk memenuhi nutrisi harian tubuh.

Pembuatan menu diet sehat bertujuan agar setiap makanan yang masuk dapat terkontrol dan membuat proses metabolisme berjalan lebih baik. Menu diet sehat harus mengandung beragam nutrisi esensial yang sangat diperlukan tubuh untuk mendapatkan manfaat tertinggi.

Masih bingung apa itu nutrisi esensial? Nutrisi esensial kerap diartikan sebagai nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka nutrisi esensial harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi.

Nutrisi esensial sendiri terbagi menjadi dua kategori, yakni mikronutrien dan makronutrien. Mikronutien merupakan zat gizi yang menunjang kinerja tubuh dan dapat dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Vitamin dan mineral termasuk ke dalam mikronutrien. Sedangkan makronutrien merupakan zat gizi yang memberikan energi bagi tubuh dan diperlukan dalam jumlah besar. Karbohidrat, protein, dan lemak termasuk ke dalam makronutrien yang dibutuhkan tubuh.

Makanan Diet yang Disarankan

  1. Telur

Mengonsumsi telur sangat direkomendasikan selama diet. Telur merupakan makanan diet yang disarankan ahli kesehatan karena memiliki kandungan protein tinggi.

Selain itu, telur dinilai efektif membuat tubuh kenyang. Akan tetapi, Anda perlu mengimbangi jumlah telur yang akan dikonsumsi karena berisiko meningkatkan jumlah kolestrol dalam tubuh.

  1. Apel

Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan pencernaan, kandungan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan. Buah-buahan dapat menjadi pilihan dalam menu diet sehat. Apel merupakan makanan diet sehat yang tinggi kalori dan rendah lemak.

  1. Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang bisa membuat Anda kenyang lebih cepat. Namun, Anda perlu memperhatikan cara pengolahan kentang yang sehat untuk tubuh. Kentang rebus merupakan makanan diet dengan karbohidrat rendah gula sebagai pengganti nasi putih.

  1. Yoghurt

Sebagai makanan kaya probiotik, mengonsumsi yoghurt sebagai makanan diet dapat membantu melancarkan pencernaan.

  1. Ikan Tuna dan Salmon

Ikan merupakan makanan diet yang kaya akan protein dan omega 3. Kandungan lemak sehat dalam ikan dapat membantu melawan lemak jahat dalam tubuh.

Anda bisa mengolah ikan dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang tanpa minyak untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Ikan tuna dan ikan salmon dapat menjadi pilihan terbaik untuk menu diet sehat Anda.

Ikan tuna merupakan makanan rendah kalori yang tinggi akan protein. Sementara ikan salmon memiliki kandungan nutrisi yang dinilai mampu mengoptimalkan fungsi tiroid untuk memaksimalkan metabolisme dalam tubuh.

  1. Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal saat diet sangat dianjurkan karena makanan yang satu ini mengandung serat tinggi dan indeks glikemik rendah. Oatmeal sebagai makanan kaya akan serat dapat membantu menyerap lemak di dalam tubuh.

Mengonsumsi oatmeal sebagai makanan diet sehat di pagi hari saat kondisi perut kosong menjadi waktu yang paling tepat. Anda bisa menambahkan susu rendah lemak atau buah-buahan segar untuk memperkaya rasa dan kendungan nutrisi di dalamnya. Kemudian hindari penambahan gula berlebih yang dapat meningkatkan kalori dalam tubuh.

  1. Daging Tanpa Lemak

Sumber protein terbaik bagi tubuh ialah daging. Pilihlah daging tanpa lemak untuk menjadi makanan diet sehat Anda. Makanan diet yang satu ini dapat menjadi sumber protein yang tidak akan membuatmu gendut. Hindari penggunaan minyak atau mentega dalam proses memasak agar tidak menambah kandungan lemak jahat pada sumber protein Anda.

  1. Kacang-kacangan

Biji-bijian utuh dapat menjadi makanan diet sehat yang kaya akan protein, serat, dan vitamin. Untuk menurunkan berat badan, protein nabati dinilai lebih baik daripada daging merah. Dalam mengonsumsi kacang-kacangan, hindari penambahan gula, garam, dan minyak agar kesehatan makanan diet tetap terjaga dengan baik.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang tidak boleh ketinggalan dalam menu diet sehat. Alpukat sebagai makanan diet mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh. Kemudian kandungan serat, air, dan kalium di dalam alpukat menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Brokoli

Bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat, sayuran kaya akan serat, vitamin, dan mineral sangat cocok untuk dikonsumsi. Brokoli merupakan makanan diet sehat kaya akan vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, brokoli juga dinilai memiliki kalori yang lebih rendah.

Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait