Sambut Peringatan Hari Anak, DP3AP2KB Sumbar Akan Gelar Festival Anak

Kepala Dinas DP3AP2KB Gemala Ranti memaparkan rencana kegiatan Festival Anak 2023, Rabu (15/11/2023). (Foto: NURUL HAFIZAH/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Menyambut peringatan Hari Anak Nasional dan Hari Anak Internasional, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) akan menggelar Festival Anak pada 18-19 November ini.

Bacaan Lainnya

“Festival Anak yang akan kita laksanakan sekarang akan berbeda dari sebelumnya, kita mengubah pola di mana sebelumnya anak sebagai objek, namun tahun ini, kita ingin anak adalah pelaku dalam kegiatan,” sebut Kepala Dinas DP3AP2KB Gemala Ranti, Rabu (15/11/2023), di Padang.

Dijelaskan Gemala, kegiatan yang bertajuk Pertemuan di Taman Bermain ini nantinya akan mengakomodir sepuluh hak anak, di antaranya hak mendapatkan identitas, hak mendapatkan pendidikan, hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan perlindungan, hak untuk rekreasi, dan hak lain nya. Dalam pelaksanaan nanti, kegiatan disatukan dalam sebuah ruang distribusi pengetahuan festival.

Festival Anak ini nantinya juga akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari panggung ekpresi, pameran kreasi anak, gelanggang arang, kelas bermain dan belajar, literasi dan UMKM, berbagai macam perlombaan, temu ramah, hingga penganugerahan forum anak Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan panggung ekspresi nantinya akan menampilkan pertunjukan dari anak-anak tingkat SD hingga SMA, serta melibatkan anak-anak disabilitas dan berkebutuhan khusus, hingga penampilan forum anak 19 kabupaten dan kota.

“Kegiatan ini juga ditujukan untuk mengedukasi masyarakat, bahwa penting bagi anak untuk bermain di ruang terbuka guna mengekspresikan dirinya di lingkungan sosial, mengembangkan bakat dan keterampilan anak,” ungkap Gemala.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ruang temu antara orang tua dan anak, arena bermain sesama anak dan remaja, dan bisa memberikan pengalaman sebagai pemantik kemampuan kognisi, fisik, dan kestabilan emosi anak untuk terus berkembang. (023)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait