Sambut R1 2 di Minangkabau Halal Festival, PLN Siapkan Listrik Tanpa Kedip

Strategi sistem dan infrastruktur kelistrikan terbaik telah siap dan terpasang sejak beberapa hari silam sehingga sangat membantu pelaksana sejak persiapan festival. (Foto: PLN Sumbar/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat siap sukseskan perhelatan Minangkabau Halal Festival yang akan berlangsung pada Jumat hingga Minggu (8-10/9) mendatang di kawasan Universitas Negeri Padang (UNP), dengan suplai listrik tanpa kedip. Strategi sistem dan infrastruktur kelistrikan terbaik telah siap dan terpasang sejak beberapa hari silam sehingga sangat membantu pelaksana sejak persiapan festival.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Perhelatan yang juga menghadirkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ini diprediksi akan mengumpulkan ribuan masyarakat Sumbar selama 3 hari berlangsung. PLN UID Sumbar mengaku siap sambut RI 2 dan mengamankan ribuan masyarakat dengan suplai listrik dalam jumlah besar dan kualitas kualitas suplai listrik terbaik.

Selain kawasan UNP, PLN juga menyiapkan listrik andal di 5 lokasi prioritas lainnya, yaitu; Bandara Internasional Minangkabau, Hotel Mercure dan Hotel Pangeran Beach sebagai lokasi penginapan para tamu penting, Istana Gubernur, Auditorium Gubernur, dan Masjid Baitul Auliya Kantor Gubernur.

Seluruh booth Minangkabau Halal Festival di kawasan UNP disuplai dengan suplai listrik berlapis daya 100 kVA. Sementara Auditorium UNP dipastikan andal menyelenggarakan perhelatan dengan suplai listrik berlapis daya 1,6 MW dan daya ekstra sebesar 400 kVA, UPS 3 x 30 kVA, dan tersambung dengan back-up genset UNP berkapasitas 2 x 800 kVA.

Hotel Mercure dan Hotel Pangeran dipasok dengan suplai listrik berlapis dari beberapa jaringan PLN daya masing-masing 690 kVA, Hotel Pangeran pun akan dilengkapi dengan UPS 30 kVA. Sementara Auditorium Gubernur dan Masjid Baitul Auliya Kantor Gubernur disuplai dari kWh berkapasitas 82,5 kVA dan 555 kVA. PLN juga mengamankan listrik di Mesjid Al-Azhar dengan Unit Gardu Bergerak (UGB) berkapasitas 400 kVA sebagai back-up tambahan.

General Manager PLN UID Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho menjelaskan, PLN telah amankan operasi sistem dan pasokan listrik dari pembangkit, transmisi, hingga distribusi untuk perhelatan Minangkabau Halal Festival secara berlapis. PLN juga telah melakukan check point secara berkala untuk memastikan kondisi jaringan-jaringan yang dilewati selama perhelatan dan Gardu Hubung sudah dalam keadaan baik dan andal.

Demi memberikan layanan terbaik dan dapat bergerak cepat memitigasi risiko, PLN UID Sumbar menyiagakan 118 personel PLN dan 5 tim Pelayanan Teknik (Yantek) selama penyelenggaraan perhelatan ini. 118 Personil ini akan bersiaga tersebar di berbagai titik prioritas dan titik-titik yang dilalui para tamu penting.

Eric menyampaikan, suksesnya Minangkabau Halal Festival penting sebagai wujud siapnya Sumbar menjadi pioner pelaksana Halal Lifestyle Event di Indonesia. Maka PLN siap membantu pelaksana mensukseskan perhelatan ini.

‘’Selain itu, listrik tanpa kedip dari PLN ini adalah sebagai sumbangsih mendukung kemajuan UMKM lokal. Semoga melalu perhelatan ini, produk halal lokal Sumbar semakin dikenal dan terus maju, hingga menguasai pasar nasional atau bahkan internasional,’’ sambungnya. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait