Selain Randang, 5 Makanan Khas Minangkabau yang Wajib Dicoba

Kekayaan makanan Minangkabau. (Foto: Pinterest/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Sumatera Barat memiliki segudang tempat wisata dan makanan populer yang wajib untuk dicoba. Terlebih makanan Minangkabau dikenal banyak orang memiliki cita rasa yang khas, kuat, dan cenderung pedas. Maka tak heran banyak dari masyarakat sangat menggemari masakan khas Sumatera Barat. Berikut adalah beberapa makanan khas Minangkabau yang terkenal dan wajib untuk dicoba:

Bacaan Lainnya

1. Randang
Makanan satu ini sudah tak asing lagi bagi masyaratakat Indonesia karena rendang adalah makanan paling terkenal di Minangkabau. Bahkan, randang pernah dinobatkan sebagai makanan paling lezat nomor 1 di dunia. Berbahan dasar daging sapi, randang dimasak dengan menggunakan santan dan aneka rempah-rempah khas Indonesia dengan rasa yang sedikit pedas.

Randang sering kali dijumpai di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Selain itu, randang juga menjadi salah satu makanan disajikan di berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa.

2. Nasi Kapau
Nasi Kapau merupakan kuliner yang berasal dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam. Makanan ini sering dijumpai di daerah Bukittinggi. Menjadi makanan favorit, Nasi Kapau dihidangkan dengam beragam macam lauk pauk. Jenis lauk yang hanya ada di Nasi Kapau adalah sayur gulai kapau, gulai tambusu, dan ikan mas bertelur.

3. Ikan Asam Padeh
Ikan asam padeh, salah satu hidangan yang populer di Rumah Makan Padang, adalah varian gulai ikan yang terkenal dengan cita rasa khas asam pedasnya yang memikat selera.

Meskipun termasuk dalam kategori gulai, hidangan ini tidak mengandalkan santan dalam penyajiannya. Warna merah kuahnya berasal dari cabai yang digunakan, sedangkan rasa asamnya diperoleh dari asam kandis yang terdapat dalam bumbu masakannya.

4. Kalio
Kalio adalah jenis rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat sehingga memilimi warna cokelat muda keemasan dibanding rendang yang berwarna cokelat kehitaman.

Isi Kalio biasanya daging sapi, ayam, limpa, hati sapi atau jengkol. Selain itu, rasa Kalio tidak terlalu pedas dan daging yang dimasak terasa lebih lembut dan tidak sekeras rendang.

5. Dendeng Balado
Dendeng Balado adalah sajian daging sapi yang dipotong tipis lalu digoreng hingga kering, kemudian disajikan bersama balado, yakni sambal pedas yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Sajian ini memiliki rasa pedas, gurih, dan renyah yang menggugah selera.
(Magang-Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait