Sering Mengucek Mata Bahaya?

Mengucek mata saat mata terasa gatal, mengantuk, atau bangun tidur mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Mengucek mata saat mata terasa gatal, mengantuk, atau bangun tidur mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang.

Bacaan Lainnya

Saat mengucek, tekanan ke area mata akan merangsang saraf vagus, yaitu saraf yang ada di sekitar mata, untuk memperlambat denyut jantung dan membantu kamu kembali rileks.

Namun ternyata kebiasaan mengucek mata dapat menimbulkan masalah kesehatan yang buruk atau bahaya bagi mata. Beberapa masalah yang ditimbulkan karena sering mengucek mata adalah infeksi mata, kantung mata menjadi hitam, mata berdarah, glaukoma, merubah bentuk kornea mata dan bisa menyebabkan kelopak mata atau terluka.

Oleh karena itu, jika mata kamu terasa gatal, lebih baik lakukan beberapa cara untuk membersihkan mata secara alami. Seperti mengambil posisi yang nyaman, mengecek kondisi mata dahulu, membersihkan mata dengan cara membilas dan melepaskan lensa kontak jika kamu sedang memakai lensa kontak.
(BBS/Magang/Dewi)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait