Soft Launching Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Solok

Bupati Solok diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison membuka secara resmi Soft Launching Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Solok. (Foto: Pemkab Solok/SumbarFokus.com)

SOLOK (SumbarFokus)

Bupati Solok diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison membuka secara resmi Soft Launching Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Solok dan peserta Stakeholder Meeting tahun 2024 di Koto baru Kecamatan Kubung, Rabu (8/2/2024).

Bacaan Lainnya

Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Penguatan Literasi masyarakat melalui transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial sebagai solusi cerdas pemulihan ekonomi masyarakat”.

Hadir dalam acara ini Sekda Kabupaten Solok Medison Staf Ahli, para Asisten, Para Kepala OPD, Kepala Kemenag, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Wilayah III, Penggiat Literasi mitra perpustakaan dan Anggota IPI cabang Kabupaten Solok.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Zulmarnus menyatakan bahwa tujuan diadakannya Kegiatan ini adalah untuk memberitahukan/menginformasikan kepada masyarakat luas bahwa gedung baru ini sudah bisa mulai digunakan sebelum dilakukan peresmian nantinya, yakni dalam hal Layanan kepada masyarakat khususnya pengguna pustaka ini.

Selanjutnya dalam sambutan dan arahannya Sekda Kabupaten Solok Medison menyatakan rasa senang dan bangganya bahwa hari ini kita sudah bisa menggunakan gedung baru Perpustakaan ini untuk kepentingan masyarakat banyak.

Ini merupakan salah satu komitmen Bupati Solok untuk merevitalisasi kembali bekas komplek kantor Bupati Solok ini untuk kembali jadi pusat kegiatan, pusat pelayanan dan pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan telah di mulainya beroperasi beberapa instansi di komplek ini, yakni Labkesda, Mall MPP, hari ini Gedung Perpustakaan Daerah dan berikutnya adalah Gedung baru Tourism Information Centre (Pusat Informasi Pariwisata), dengan adanya berbagai kegiatan disini tentunya akan berdampak pada pengembangan ekonomi masyarakat nantinya.

Lebih lanjut Medison menyatakan bahwa Perpustakaan ini akan kita jadikan sebagai pusat aktifitas, tidak hanya untuk membaca tapi juga berbagai macam ketrampilan baik bagi masyarakat maupun Sekolah dari berbagai tingkatan (SD s/d Perguruan Tinggi), kemudian sesuai dengan Kurikulum Merdeka bahwa Edukasi tidak boleh mempersempit ruang gerak anak2 dalam pelaksanaan pendidikan, kita harus juga memperhatikan pengembangan bakat dan kompetensinya, maka dari itu salah satu media untuk pengembangannya adalah keberadaan dan penggunaan Gedung perpustakaan ini.

Diakhir sambutannya, Medison berharap dan menghimbau untuk mari kita ramaikan dan manfaatkan secara bersama Gedung Perpustakaan ini dengan baik sehingga nantinya bisa menghasilkan SDM yang berkualitas dan melahirkan manusia-manusia Kabupaten Solok yang Hebat nantinya. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait