Srikandi PLN Payakumbuh Ajak Para Ibu Gunakan Swacam

PLN Mobile merupakan aplikasi layanan kelistrikan dalam satu genggaman yang menjanjikan kemudahan dan salah satu fitur yang terus digalakkan penggunaannya adalah Fitur Catat Meter atau Swacam. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Berupaya mudahkan pelanggan, Srikandi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh mengambil peran untuk sosialisasikan Fitur Swacam pada PLN Mobile. PLN Mobile merupakan aplikasi layanan kelistrikan dalam satu genggaman yang menjanjikan kemudahan dan salah satu fitur yang terus digalakkan penggunaannya adalah Fitur Catat Meter atau Swacam.

Bacaan Lainnya

Srikandri PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh didampingi oleh Manager PLN UP3 Payakumbuh Teguh Budi Octavianto lakukan sosialisasi door to door kepada masyarakat Payakumbuh Selatan tentang cara dan manfaat penggunaan Swacam, Jumat (7/6/2024). Target utama sosialasi ditujukan pada para ibu.

Rombongan Srikandi PLN UP3 Payakumbuh juga berkunjung ke kediaman Ketua Bundo Kanduang Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limbukan Yeni Gazali di Rumah Gadang Salo, salah satu Cagar Budaya asal Payakumbuh.

Selain bersilaturahmi, Srikandi PLN juga memohon dukungan dan partisipasi dari KAN demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya dengan mengajak para ibu dan masyarakat setempat menggunakan Fitur Swacam pada PLN Mobile.

Fitur Swacam memungkinkan pelanggan untuk mencatat angka pada meteran listriknya secara mandiri, sehingga membantu meningkatkan akurasi tagihan listrik dan tidak perlu lagi dikunjungi oleh petugas catat meter setiap bulan.

Jika telah melakukan pencatatan melalui Swacam, pelaggan juga dapat segera mengetahui estimasi pemakaian listrik setiap bulannya sebelum tagihan rekening listrik resmi keluar.

Disampaikan Teguh, Swacam merupakan salah satu solusi inovatif PLN untuk meningkatkan akurasi tagihan listrik dan memberikan kemudahan bagi pelanggan. ‘’Dengan inovasi ini, ibu-ibu dapat mengontrol pemakaian listriknya dan mengetahui perkiraan tagihan rekening sebelum rekening terbit,’’ sampainya.

Lisa Angreini, salah satu Srikandi berbagi pengalamannya dalam membantu masyarakat menggunakan Swacam. ‘’Banyak masyarakat sekitar sini yang sudah tahu PLN Mobile, sudah menginstall, tapi belum tahu Fitur Swacam ini, juga fitur-fitur lainnya. Saya sering membantu para Ibu melakukan pembayaran listrik, cek tagihan, dan melaporkan gangguan melalui PLN Mobile. Senang sekali jika setelah sekali mencoba, selanjutnya mereka sudah bisa menggunakannya sendiri,’’ bagi Lisa.

Menurut Lisa, Fitur Swacam tidak hanya praktis dan mudah digunakan, tetapi juga aman dan terpercaya. ‘’Apalagi para Ibu di Kecamatan ini banyak yang beraktivitas dan bekerja dari rumah. Mereka target tepat untuk menggunakan Swacam. Lagipula cara menggunakannya sangat mudah,’’ sampainya.

Teguh mengatakan, peran aktif srikandi PLN dalam mengedukasi pelanggan tentang penggunaan Swacam di PLN Mobile sangatlah penting. Srikandi menurutnya mempunyai metode komunikasi yang erat dengan masyarakat rumah tangga.

‘’Sosialisasi seperti ini harapannya dapat mendorong dan meningkatkan penggunaan Swacam di Payakumbuh dan Sumatera Barat pada umumnya. Semoga juga meningkatkan penggunaan fitur-fitur lainnya di PLN Mobile. Semoga PLN Mobile semakin erat dengan masyarakat dan memudahkan masyarakat,’’ sampai Teguh mengakhiri. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait