Struktur Teks Persuasif Menurut Pada Ahli

Struktur Teks Persuasif
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Struktur Teks Persuasif

Bacaan Lainnya
  1. Darmawati

Teks persuasi adalah teks yang berisi tiga unsur yang wajib ada, yakni pendahuluan, fakta dan ajakan. Pendahuluan menjadi struktur yang harus ada dan paling penting, kemudian fakta menjadi hal dasar yang penting digunakan untuk mempersuasi calon pembaca. Sementara ajakan tentu ditujukan kepada orang lain atau pembaca.

  1. Suparno dan Yunus

Suparno dan Yunus menyebutkan bahwa struktur dalam teks persuasi memiliki beberapa poin penting, seperti menentukan topik atau tema yang akan diambil. Memiliki tujuan mendasar terhadap sebuah peristiwa, mengumpulkan data berupa pengalaman, pengalaman dan penelitian. Kemudian membuat mapping atau kerangka karangan, pengembangan kerangka karangan dan judul.

  1. Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia
  2. Pengenalan Isu

Salah satu struktur yang mudah dipahami, terutama dalam hal apa saja yang harus dituliskan pertama kali dalam jenis ini. Pengenalan soal isu menekankan pada pengantar umum, tetapi masalah yang disampaikan masih sangat mendasar.

  1. Rangkuman Argumen

Menekankan pada pendapat penulis yang di harap mampu memengaruhi para pembaca, dalam hal ini rangkuman argument juga untuk mengemukakan fakta serta data yang ingin disampaikan oleh penulis teks persuasi.

  1. Pernyataan Ajakan

Pertanyaan ajakan merupakan inti dari teks persuasi yang memang merupakan tujuan dibuatnya teks ini, ajakan memang bisa disampaikan secara tersurat maupun tersirat. Hal itu tergantung dari selera masing-masing para penulis.

  1. Penegasan Pernyataan Kembali

Merupakan suatu upaya dari penulis memberi tekanan terhadap persuasi yang akan disampaikan kepada para pembaca.Ungkapan yang sering disampaikan adalah memberi penegasan menggunakan kata demikianlah, dengan demikian dan oleh karena itu.

Itulah penjelasan mengenai struktur teks persuasif oleh para ahli. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait