Studi Komparatif Pengawasan BUMD, DPRD Pasbar Belajar ke DPRD Sumbar

Rombongan dari Komisi II DPRD Pasaman Barat itu datang ke DPDR Sumbar dalam rangka studi komparatif terkait fungsi pengawasan terhadap BUMD. (Foto: DPRD Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Rabu (26/6/2024), Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat Zardi Syahrir, didampingi Kasubag Protokol dan Kehumasan Darul Idris menerima kunjungan rombongan Komisi II DPRD Pasaman Barat, di Ruang Khusus II. Rombongan dari Komisi II DPRD Pasaman Barat itu datang ke DPDR Sumbar dalam rangka studi komparatif terkait fungsi pengawasan terhadap BUMD.

“Keberadaan BUMD memberikan kontribusi positif terhadap daerah dan menumbuhkan perekonomian masyarakat Pasaman Barat. Selain berkontribusi terhadap PAD, juga dapat membuka lapangan usaha,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Pasaman Barat Erianto.

Ditekankan, pihaknya mendorong pemerintah setempat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di daerah tersebut agar pembangunan dapat ditingkatkan.

Namun demikian, lanjut Erianto, masih terdapat BUMD yang belum maksimal memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah. Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM setempat misalnya, telah berjalan sesuai yang diharapkan, namun belum memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD.

“Untuk itu kami berkunjung ke DPRD Sumbar untuk mendapatkan pencerahan agar fungsi pengawasan terhadap BUMD dapat lebih maksimal,” ujar Erianto.

Sementara, Kabag Persidangan dan Perundang Undangan Sekretariat DPRD Sumatera Barat Zardi mengatakan, pihaknya mengapresiasi kedatangan pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pasaman Barat.

Studi komparatif tersebut dinilai sangat penting selain mempererat silaturahim sekaligus bertukar informasi tentang pembangunan.

“Kita ucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap rombongan komisi II DPRR Pasaman Barat telah berkunjung ke DPRD Sumbar. Kita akan selalu terbuka akan informasi yang bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Zardi. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait