SWACAM, Solusi PLN untuk Pelanggan yang Belum Pakai Listrik Token

Pelanggan PLN melakukan catat meter mandiri menggunakan aplikasi PLN Mobile. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

PT PLN (Persero) selalu berusaha meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu inovasi terbesar dari PLN adalah dengan meluncurkan SuperApps PLN Mobile untuk mempermudah pelanggan menikmati layanan listrik kapan saja dimana saja. Tak hanya itu, sejak tahun 2020 aplikasi PLN Mobile terus melakukan_improvement agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Melalui PLN Mobile, PLN berusaha memberikan kenyamanan akses listrik bagi pelanggan dalam satu genggaman. Salah satu fitur yang ada dalam aplikasi PLN Mobile adalah fitur “Swadaya Catat Angka Meter” atau Swacam. Fitur ini menjadi solusi bagi pelanggan untuk mengontrol pemakaian listrik bulanan secara mandiri dan memudahkan pelanggan untuk menghitung sendiri tagihan listriknya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho, mengatakan desain fitur SwaCAM disediakan PLN sebagai bentuk transparansi pemakaian listrik yang memberi ruang pelanggan untuk melakukan pencatatan meter mandiri.

“Melalui Aplikasi PLN Mobile, kini pelanggan dapat melakukan pencatatan meter secara mandiri mulai dari tanggal 23 hingga tanggal 27 setiap bulan, sehingga nantinya akan muncul estimasi biaya tagihan listrik bulan selanjutnya. Tidak hanya itu, di aplikasi PLN Mobile, pelanggan juga bisa langsung membayar tagihan listrik, membeli token, melakukan permohonan pasang baru, perubahan daya, hingga melaporkan pengaduan,”terang Eric.

Berikut langkah sederhana untuk melakukan catat meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile:

1. Buka aplikasi PLN Mobile lalu daftarkan nomor ID pelanggan terlebih dahulu pada menu “profil”, selanjutnya pilih “layanan kelistrikan”;
2. Buka aplikasi PLN Mobile lalu pilih menu “catat meter”;
3. ⁠Pilih ID Pelanggan yang akan dilaporkan;
4. ⁠Foto kwh meter & pastikan angka Stand Meter berada tepat didalam kotak garis kuning pada tampilan layar kamera;
5. ⁠Fitur Optical Character Recognition (OCR) akan membaca angka stand meter secara otomatis;
6. ⁠Klik Kirim, lalu muncul estimasi tagihan rekening listrik pelanggan.

Hadirnya fitur Swacam pada aplikasi PLN Mobile dapat mempermudah akses pelanggan tanpa perlu berkunjung ke kantor PLN. Eric berharap semakin banyak pelanggan yang merasakan manfaat dari fitur ini. Bagi pelanggan yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile dapat mengunduh melalui “AppStore” maupun “PlayStore” secara gratis pada smartphone masing-masing.

“Saat ini pelanggan tidak perlu khawatir perihal kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri . Melalui fitur swacam, privasi pelanggan juga akan terjaga karena petugas PLN tidak perlu masuk ke halaman rumah pelanggan untuk mencatat meter yang tertera pada kWh meter. Jadi fitur Swacam merupakan solusi yang sangat baik untuk transparansi dan efektifitas,” tutur Eric mengakhiri. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait