Teddy Alfonso: Budaya Lokal Memperkokoh Jati Diri Bangsa

Teddy Alfonso. (Foto: Dok. Pribadi/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Profesional asal Sumatera Barat (Sumbar), Teddy Alfonso., menekankan bahwa kebudayaan lokal sangat penting perannya dalam memperkokoh jati diri bangsa. Kebudayaan lokal memperkuat akar budaya bangsa yang menjadi kekayaan bersama.

Bacaan Lainnya

Mengingat hal tersebut, Teddy menyorot, pemerintah perlu bersungguh-sungguh mendukung dan memerhatikan keberlanjutan dan perkembangan kebudayaan di Tanah Air.

Wakil Ketua KADIN Sumbar yang juga Ketua HIPPI Sumbar itu mengatakan, kebudayaan lokal merupakan intisari dan bunga rampai budaya nasional Indonesia.

“Pemerintah wajib memiliki komitmen kuat dalam membangun kebudayaan lokal, sesuai amanat Pasal 32 UUD 1945,” ujar calon legislatif DPR RI Dapil 1 Sumbar ini.

Dijelaskan Teddy, Pasal 32 UUD 1945 menjadi landasan hukum yang mengamanatkan Negara untuk menjaga dan memajukan kebudayaan nasional. Teddy Alfonso mengajak pemerintah untuk memahami bahwa keberhasilan pembangunan tidak hanya dilihat dari segi ekonomi, tetapi juga dari bagaimana Negara menjaga kekayaan budaya dan warisan nenek moyang.

“Maka itu, penting kiranya dukungan bagi kebudayaan lokal ini dalam bentuk kebijakan yang inklusif, mendukung pelaku kebudayaan, dan meningkatkan investasi dalam infrastruktur yang mendukung kegiatan kebudayaan lokal. Dengan memberikan perhatian serius, kita juga turut melibatkan masyarakat dalam proses pelestariannya. Ini akan menjadi investasi jangka panjang untuk identitas dan karakter bangsa,” ulas Teddy.

Dinyatakan tegas, dirinya sendiri punya komitmen untuk menjadi suara yang mendorong keberlanjutan kebudayaan di tingkat nasional.

“Saya berharap pemerintah ke depan benar-benar menjadikan kebudayaan sebagai prioritas, sehingga Indonesia tetap memiliki kearifan lokal yang kental di tengah dinamika globalisasi,” pungkasnya. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait