Temui Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bupati Suhatri Bur Usulkan Lima Program

Untuk mendukung pencapaian tujuan visi Kabupaten Padang Pariaman Berjaya Tahun Anggaran 2024, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah menyusun program perencanaan di semua bidang kegiatan. (Pemkab Padang Pariaman/sumbarfokus.com)

PADANG PARIAMAN (SumbarFokus)

Untuk mendukung pencapaian tujuan visi Kabupaten Padang Pariaman Berjaya Tahun Anggaran 2024, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah menyusun program perencanaan di semua bidang kegiatan.

Bacaan Lainnya

Menyongsong Dana Anggaran Khusus (DAK) Khusus di sektor perikanan, beberapa program dan kegiatan diarahkan untuk pencapaian dan peningkatan perekonomian masyarakat melalui sektor perikanan. Hal tersebut, telah ditindaklanjuti dengan usulan program kepada kementerian terkait.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur langsung mengunjungi Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menyampaikan dan memasukan beberapa program usulan Kampung Perikanan Budidaya dan Kampung Nelayan Maju.

Usulan ini ungkap Suhatri Bur, merupakan pengembangan Kabupaten Padang Pariaman sebagai lokus Kampung Perikanan Budidaya dan Nelayan Maju tahun 2022 yang lalu. Agar program tersebut menjadi berkelanjutan maka sangat dibutuhkan berbagai sarana dan prasarana yang memadai.

“Padang Pariaman memiliki dukungan potensi lahan yang memadai, namun semua itu membutuhkan sarana prasarana pendukung. Makanya kita coba usulkan beberapa kegiatan, tentu kita sangat berharap Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat memfasilitasi dan menetapkan Padang Pariaman sebagai lokasi prioritas DAK tematik kawasan sentra produksi pangan tahun 2024,” tuturnya berharap, yang disampaikannya saat bertemu dengan Kepala Biro Perencanaan Kementerian Kelautan dan Perikanan Andy Artha Donny Oktopura di Kantornya di KKP di Jakarta, pada Rabu (14/06).

Kemudian atas sambutan dan respon dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Kabiro Perencanaannya, Bupati Suhatri Bur sangat mengapresiasi. Untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan para nelayan sebutnya, masyarakat Padang Pariaman butuh perhatian pemerintah pusat, apalagi katanya, dalam kondisi anggaran daerah yang sangat terbatas ini.

“Proposal usulan telah kita sampaikan, alhamdulillah Pak Kabiro sangat menyambut dengan baik. Semoga pada tahun 2024 nanti, para nelayan di Padang Pariaman dapat meningkatkan produktivitasnya dan semakin menumbuhkan perekonomian melalui sektor perikanan ini,” tambahnya menerangkan.

Adapun beberapa program yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui sektor perikanan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan diantaranya sebagai berikut; kelanjutan pembangunan sarana prasarana instalasi ikan hias BBI, dan peningkatan sarana kelompok produksi pembudidaya ikan.

Disamping itu juga diusulkan, pembangunan jalan produksi nelayan di kawasan kampung nelayan maju, pembangunan jalan produksi kawasan perikanan budidaya, dan bedah unit pengolahan ikan. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait