Teori Atom Dalton

Teori Atom Dalton
Dari teori milik Dalton bisa disimpulkan jika atom merupakan bagian terkecil dari sebuah unsur. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Sekitar tahun 1803, seorang ahli fisika dan kimia dengan nama John Dalton mengajukan akan sebuah teori yang menjelaskan jika suatu matri pasti akan terdiri dari atom. Dari teori milik Dalton bisa disimpulkan jika atom merupakan bagian terkecil dari sebuah unsur. Dimana atom memiliki kecenderungan sifat netral atau tidak adanya muatan listrik di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Dalam teori atom Dalton ada empat hal penting di dalamnya, apa saja itu? Simak poin penjelasan di bawah ini.

  • Seluruh materi yang disusun oleh partikel akan disebut sebagai atom.
  • Atom tidak bisa dibuat, dipecah atau dibagi menjadi bagian-bagian kecil lagi.
  • Atom pada unsur yang sama akan memiliki sifat serta massa yang sama.
  • Atom pada unsur yang berbeda akan memiliki sifat dan massa yang berbeda.

Cara Penomoran Atom dan Massanya

Tahukah kalian jika suatu atom tidak selalu dituliskan dengan alfabet seperti yang ada pada tulis umumnya. Hal ini bisa terjadi karena suatu atom akan memiliki sifat serta massa yang khas hingga cara penulisan tersebut berguna untuk membedakan satu atom dengan jenis atom lainnya.

Jumlah proton dan neutron ada di dalam inti atom akan terhubung dan kebanyakan akan memiliki jumlah yang  sama. Kondisi massa proton dan neutron yang hampir saman juga akan sama dengan massa atom tersebut. Sedangkan untuk massa elektron kebanyakan berjumlah kecil hingga tidak banyak menyumbang pada massa atom jika dilihat secara keseluruhan.

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai penomoran pada atom dan massanya.

Nomor Atom (Z)

Jumlah proton yang ada di dalam suatu atom dapat disebut sebagai nomor atom nantinya akan dilambangkan dengan huruf Z. Dimana nomor atom ini memiliki ciri khas pada suatu unsur. Karena atom memiliki sifat netral, maka kondisi jumlah proton akan sama dengan jumlah  elektron. Nantinya nomor atom juga dapat menunjukkan dari jumlah elektron yang ada. Nomor atom kebanyakan akan dituliskan sedikit ke arah bawah sebelum lambang unsur. Sebagai contohnya adalah oksigen dengan 8 proton dan 8 elektron dapat dituliskan sebagai 8.

Nomor Massa (A)

Mass yang dimiliki oleh  suatu atom memang sangat kecil dan tak jarang akan dianggap nol. Karena hal tersebut, massa atom akan ditentukan dari massa inti atom yaitu proton dan neutron. Dimana jumlah dari massa proton dan neutron inilah yang dapat disebut sebagai nomor massa. Nomor mass aini akan memiliki besar yang hampir sama dengan massa atom. Contohnya adalah pada atom oksigen dengan nomor atom 8 dan nomor massa adalah 16. Arena hal tersebut atom oksigen memiliki tersusun dari 8 proton dan 8 neutron. Lalu untuk penulisannya adalah 16O8.

Itulah penjelasan mengenai teori atom Dalton dan cara penomorannya. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait