Tips Aman dari PLN Saat Mudik Iduladha? Ini Dia

Demi memastikan rumah tetap aman saat ditinggal mudik, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar membagikan beberapa tips aman untuk pelanggan sebelum melakukan perjalanan mudik. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Iduladha 1445 H semakin dekat. Banyak masyarakat Sumatera Barat juga memanfaatkan waktu lebaran Idul Adha ini dengan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Demi memastikan rumah tetap aman saat ditinggal mudik, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar membagikan beberapa tips aman untuk pelanggan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Bacaan Lainnya

Disampaikan Eric Rossi Priyo Nugroho, General Manager PLN UID Sumbar, salah satu tips dari PLN adalah memastikan rekening listrik lunas sebelum mudik.

‘’Harapannya pelanggan yang mudik tetap dapat menikmati listrik dengan nyaman selama berkumpul dengan keluarga di perayaan Idul Adha. Maka bagi pelanggan pascabayar, silahkan pastikan rekening listrik telah lunas, sehingga terhindar dari pemutusan,’’ ungkapnya.

Selanjutnya, PLN mengimbau agar pelanggan mematikan seluruh perlengkapan elektronik yang tidak digunakan selama rumah ditinggal mudik. Termasuk mencabut colokan listrik yang tidak perlu. Hal ini akan meningkatkan keamanan kelistrikan di rumah dari resiko korsleting listrik, terbakar, kebocoran instalasi, hingga pemakaian energi listrik yang tidak perlu.

Selanjutnya, nyalakan lampu penerangan. Untuk meningkatkan keamanan, cukup menyalakan beberapa titik lampu penerangan di rumah agar tidak terlihat gelap pada malam hari. Terkhusus pada bagian luar rumah.

Bagi pelanggan prabayar, pelanggan dapat melakukan penambahan token listrik pada meteran prabayar sebelum melakukan perjalanan mudik. Sehingga rumah dipastikan tetap menyala selama ditinggal mudik.

PLN juga mengimbau penggunaan PLN Mobile untuk kemudahan layanan kelistrikan selama mudik. Seluruh info dan layanan kelistrikan dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui PLN Mobile.

‘’Jika mudik dilakukan hingga tanggal 23 keatas, jangan lupa untuk mengupdate angka meter pada meter pascabayar pelanggan lewat Swacam atau baca meter mandiri yang terdapat di PLN Mobile,’’ sampai Eric.

Eric berharap, layanan dan kemudahan yang diberikan oleh PLN dapat membuat masyarakat dapat menikmati mudik dengan nyaman dan tenang.

‘’Mari bekerjasama untuk listrik yang aman dengan menjaga listrik di dalam rumah tetap aman. Untuk info dan layanan kelistrikan lebih lanjut, jangan ragu untuk menggunakan PLN Mobile,” tutur Eric kemudian. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait