Tips Hemat Air Bersih untuk Antisipasi Krisis Air

Tips Hemat Air Bersih
Cara menghemat air bersih yang pertama bisa dimulai dari mematikan air keran yang tidak dipakai. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Berikut adalah penjelasan tips hemat air bersih yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran ataupun untuk mengantisipasi kekeringan di masa depan.

  1. Matikan Air Saat Tidak dipakai

Cara menghemat air bersih yang pertama bisa dimulai dari mematikan air keran yang tidak dipakai. Beberapa orang memiliki kebiasaan tetap menyalakan keran air saat menyikat gigi. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut dapat menghabiskan sekitar dua galon air bersih yang mengalir tidak terpakai.

Jadi usahakan untuk merubah kebiasaan menyalakan keran air saat tidak digunakan.

  1. Kurangi Jumlah Penggunaan Air Saat Mandi

Kebanyakan masyarakat Indonesia sangat senang mandi dengan menggunakan air yang dikumpulkan di dalam bak dan mengguyur badannya dengan menggunakan gayung.

Cara tersebut memang nikmat dan terasa lebih segar dibandingkan menggunakan shower. Tapi sayang ternyata cara mandi seperti itu menghabiskan sekitar 18 liter air yang terbuang, sedangkan shower hanya menghabiskan 12 liter saja.

Jika tidak memungkinkan untuk mengganti air bak dengan shower, Anda bisa menghemat jumlah penggunaan air dengan mengurangi durasi waktu mandi.

  1. Rawat Peralatan Pipa Air, Keran, dan Penampungan Air dengan Baik

Jangan lupa untuk mengecek dan merawat seluruh peralatan pipa air, keran, dan penampungan dengan baik. Sebab pipa yang bocor dapat menghabiskan ribuan galon air bersih.

Selain untuk mencegah kebocoran air, menjaga dan merawat peralatan pipa air dan keran bisa mencegah rumah Anda dari kerusakan, seperti tembok yang terkelupas, perkakas rumah menjadi rusak, dan tumbuhnya jamur.

  1. Menampung Air Hujan

Untuk Anda yang belum tahu, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memprediksi di pertengahan tahun 2023, Indonesia akan mengalami peristiwa El Nino berkepanjangan.

Dampak dari El Nino ini akan membuat hampir seluruh wilayah di Indonesia dan seluruh dunia mengalami kekeringan.

Untuk mengantisipasi peristiwa kekeringan dan kekurangan air bersih seperti yang terjadi di Malaysia saat ini, Anda bisa menabung air bersih dari air hujan mulai dari sekarang.

Air tampungan hujan ini sangat bermanfaat dan bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga.

  1. Bijaksana Menggunakan Air Saat Menyiram Tanaman

Untuk Anda yang hobi bertanam, usahakan untuk tidak menyiram tanaman terlalu sering atau terlalu banyak. Tanaman memang membutuhkan air untuk bertumbuh kembang, namun terlalu banyak air juga berakibat buruk pada tanaman karena dapat membuat akar menjadi busuk dan menimbulkan penyakit jamur dan bakteri.

Untuk menghemat penggunaan air saat menyiram tanaman, pastikan Anda hanya menyiram bagian tanah dan tidak beserta daun-daunnya.

Itulah penjelasan tips hemat air bersih yang patut Anda terapkan. Sempga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait