Lima Tips Membuat Nugget Krispi Homemade

Tips Membuat Nugget Krispi
Ilustrasi. (Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Nugget Kanzler sedang jadi incaran para pencinta kuliner. Pasalnya, di awal kemunculannya, merek ini menjadikan Nicholas Saputra sebagai bintang iklannya. Hal tersebut sontak membuat para fans memburu nugget tersebut.

Bacaan Lainnya

Selain karena Nicholas Saputra, nugget Kanzler memang terkenal enak dengan ketebalan daging yang melimpah. Selain itu, nugget-nya pun terlihat unik, karena dilapisi bubble crumbs.

Berkat kepopulerannya, banyak orang mencoba membuat nugget krispi ala Kanzler sendiri di rumah. Kalau Anda salah satunya, praktikkan tips membuat nugget krispi ala Kanzler yang antigagal ini, deh. Dijamin krenyes!

  1. Cincang kasar bahan-bahan

Kalau biasanya nugget terbuat dari daging giling atau yang sudah dihaluskan, kini Anda membutuhkan yang tidak kasar. Pasalnya, daging pada nugget Kanzler masih terasa teksturnya.

Cincang daging ayam secara kasar saja, jangan sampai terlalu halus. Anda bisa menggunakan alas berupa talenan dan pisau dengan mata yang tajam, supaya tidak ada daging cincang yang saling menempel.

  1. Tidak perlu dikukus

Proses pembuatan nugget ala Kanzler sebenarnya terkenal lebih mudah, karena adonan tidak perlu dikukus. Meski demikian, nugget yang disimpan di frezeer ini bisa awet selama beberapa bulan untuk dijadikan stok.

Setelah semua bahan dicampur hingga menjadi adonan yang memadat, mulailah membentuk. Letakkan nugget yang sudah dibentuk ke dalam wadah bertutup plastik. Kemudian, masukkan ke dalam frezeer selama kurang lebih sejam.

Tidak perlu takut hancur, frezeer sudah cukup untuk memadatkan adonan nugget ala Kanzler ini, kok. Anda cukup memastikan adonan kocokan telur nanti cukup melumuri seluruh bagian nugget saat dicelupkan.

  1. Adonan nugget wajib dicelupkan ke dalam kocokan telur

Adonan nugget yang sudah jadi dan dibaluri tepung terigu bisa langsung dimasukkan ke dalam kocokan telur. Ingat, yang digunakan hanya bagian kuningnya saja, ya. Kocok menggunakan whisk sampai merata.

Supaya terasa lebih gurih, Anda bisa menambahkan susu cair ke dalam kocokan telur. Perbandingannya adalah dua kuning telur dan 150 ml susu cair. Aduk dengan menggunakan whisk sampai merata.

Setelah itu, barulah celupkan adonan nugget ke dalam kocokan kuning telur. Jika sudah, Anda bisa menggulingkannya ke dalam bubble crumbs.

  1. Gunakan bubble crumbs untuk melapisi nugget

Lapisan terakhir pada nugget adalah tepung roti atau tepung panir. Namun, kedua tepung tersebut sudah terlalu biasa digunakan untuk melapisi nugget pada umumnya. Nugget Kanzler menggunakan bubble crumbs.

Sesuai tebakanmu, bubble crumbs berbentuk bulat-bulat kecil, sehingga tampak menggemaskan. Anda bisa menuang bubble crumbs di wadah atau piring datar, lalu mulailah membaluri nugget yang sudah dilapisi kuning telur.

Lakukan secara cepat, tapi tetap lembut, agar nugget tidak hancur. Lapisi serapi mungkin agar hasilnya cantik dan krispi saat digoreng. Lakukan sampai adonan nugget-mu habis, ya.

  1. Goreng nugget dengan banyak minyak panas

Mendapatkan tekstur nugget ala Kanzler yang krispi sangatlah mudah. Anda membutuhkan banyak minyak goreng. Tuangkan ke dalam wajan cekung, lalu panaskan sampai mendidih.

Bukan hanya banyak, minyak goreng harus merendam seluruh bagian nugget saat nanti digoreng. Pastikan pula wajan yang Anda gunakan tidak terlalu kecil, agar nugget termasak dengan baik dan matang merata.

Goreng nugget ketika minyak sudah mendidih. Jangan memasukkan nugget ke dalam minyak apabila masih belum panas. Itu akan membuat nugget menjadi lembek dan basah.

Itulah penjelasan mengenai tips membuat nugget krispi. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait