Tips Merawat Klakson Mobil Agar Tetap Awet

Tips Merawat Klakson Mobil
Cara perlakuan atau penggunaan turut memengaruhi panjang atau pendeknya keawetan klakson mobil. Semakin sering digunakan, maka semakin cepat umur klakson tersebut. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Dibandingkan dengan mesin maupun bodi, klakson tampaknya menjadi bagian mobil yang kurang diperhatikan pemiliknya.

Bacaan Lainnya

Padahal, fungsi klakson mobil sangatlah vital ketika berkendara di jalan. Untuk itu, pemilik mobil perlu mengetahui tips merawat klakson mobil.

Suara Lemah hingga Mati Total

Seringkali klakson tidak berfungsi dengan baik, seperti suara yang lemah, brebet hingga mati total.

Melansir Reader’s Digest, faktor utama penyebab klakson bermasalah karena rawan terkena air hujan. Percikan air menyebabkan kabel mengalami korsleting, berjamur hingga berkarat.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat klakson mobil agar tetap awet digunakan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips perawatannya:

Rutin Periksa Bracket

Selama pemakaian, usahakan secara rutin memeriksa bracket atau dudukan klakson agar tetap kencang. Pasalnya, seiring waktu pemakaian, bagian ini bisa kendor yang disebabkan oleh getaran mesin atau guncangan mobil saat dikendarai di jalan. Pun pada sambungan kabel pastikan juga tidak kendor. Jika tidak, bisa jadi terjadi korsleting sehingga menyebabkan klakson mati.

Hati-hati saat Mencuci Mobil

Seperti diuraikan di atas, faktor umum klakson cepat rusak yaitu disebabkan adanya percikan air yang masuk ke dalam membran klakson. Oleh karenanya, saat mencuri mobil usahakan jangan menyemprot langsung bagian tersebut karena akan merusak membran dan bikin suara bermasalah. Mengantisipasi air yang terlanjur masuk, lepas klakson dan keringkan agar membran tidak berkarat.

Gunakan Klakson Seperlunya Saja

Cara perlakuan atau penggunaan turut memengaruhi panjang atau pendeknya keawetan klakson mobil. Semakin sering digunakan, maka semakin cepat umur klakson tersebut. Untuk itu, direkomendasikan menggunakan klakson saat diperlukan saja atau dalam kondisi mendesak.

Perhatikan Cara Penekanan Klakson

Saat akan menghidupkan klakson, perlu diperhatikan cara penekanan pada saat menekan klakson. Menekan klakson seharusnya tidak dilakukan secara tergesa-gesa, setengah-setengah, terlalu lama, terlalu keras bahkan sampai memukul-mukul klakson. Jika ditekan terlalu keras, akibatnya akan mengenai saklar klakson yang mengakibatkan klakson bisa mati.

Itulah penjelasan mengenai tips merawat klakson mobil. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait