Klakson Motor Anda Mati? Periksa Lima Bagian Mesin Ini

Klakson motor tidak berbunyi
Tombol kecil yang berada di holder stang sebelah kiri juga bisa jadi biang keladi berikutnya. Bisa jadi ada kerak ataupun terbakar. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Klakson sepeda motor menjadi piranti yang penting adanya, iya kan? Untuk memberi kode ke pengendara lain, saling bertukar sapa sesama bikers, atau kenalan yang kebetulan ketemu. Tapi Anda pernah tidak mengalami klakson motor mati? Pasti pernah dong ya, namanya juga kendaraan yang tidak bisa dalam keadaan prima terus. Ini yang menyebabkan klakson motor tidak berbunyi.

Bacaan Lainnya
  1. Klakson memang mati

Klakson mati tentu saja jadi sebab utama. Seringnya klakson mati karena memang usianya yang sudah lama dan sudah saatnya mengganti yang baru. Atau bisa juga mati karena terjadi konslet.

  1. Ternyata aki tekor

Aki yang sudah tak prima jadi faktor klakson tak menyala. Biasanya klakson hanya bergetar saja tanpa mengeluarkan bunyi. Hal ini karena tegangan yang di supply tidak sesuai spesifikasi dari yang dibutuhkan klakson itu sendiri.

  1. Tombol klakson rusak

Tombol kecil yang berada di holder stang sebelah kiri juga bisa jadi biang keladi berikutnya. Bisa jadi ada kerak ataupun terbakar. Kerusakan bisa juga karena tombol ditekan terlalu keras olehmu saat lagi galau-galaunya.

  1. Mungkin salah satu kabel putus

Nah, jika semua part sebelumnya masih dalam kondisi bagus. Anda patut curiga sama kabel yang menuju klakson. Kadang ada tikus jail yang menguyah kabel hingga putus.

  1. Relay rusak

Terakhir jika Anda memasang klakson dengan daya besar kayak klakson keong atau suara kapal. Maka diperlukan yang namanya relay untuk memutus arus. Jika masih menggunakan tombol klakson tanpa ada tambahan relay bisa-bisa terbakar dan meleleh. Namun, penggunaan relay tak menjamin akan sepenuhnya awet. Lambat laun akan terjadi kerusakan dong, untuk itu coba cek bagian ini juga.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan klakson motor tidak berbunyi. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait