Tujuh Jenis Kuncing Terbaik untuk Dipelihara

Jenis Kucing Terbaik untuk Dipelihara
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Bagi Anda yang hendak mengadopsi kucing untuk peliharaan, beberapa jenis kucing terbaik ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Jenis-jenis kucing ini bersifat ramah, tidak “nakal” dan tentunya cenderung lebih mudah untuk dirawat. Mari ketahui berbagai jenis kucing terbaik untuk dipelihara berikut ini!

Bacaan Lainnya
  1. Maine Coon

Jenis kucing yang satu ini sangat cantik dan ramah. Memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya dan beratnya dapat mencapai hingga lebih dari 10 kilogram. Maine coon tergolong sebagai kucing yang tidak agresif, senang diajak bermain, dan ramah dengan orang yang baru dikenal.

Mungkin deskripsi sifat yang lebih tepat untuk kucing ini adalah mudah akrab. Dikutip dari Daily Paws, maine coon termasuk dalam jenis yang kerap dijadikan sebagai kucing terapi pereda stres dan kesepian.

  1. Himalayan

Memiliki penampilan yang sangat elegan, bulu panjang dengan gradasi warna putih kecokelatan, bentuk wajahnya bulat, mulutnya kecil, serta mata berwarna biru terang dengan bentuk bulat sempurna! Sekali lihat, Anda pasti akan langsung ingin memilikinya.

Fisiknya seperti perpaduan antara kucing Siamese dengan kucing Persia, tetapi karakternya lebih tenang dan ramah. Sikap dari kucing ini juga manis, tidak agresif, serta mudah akrab dengan orang baru.

  1. European Burmese

European Burmese merupakan salah satu jenis kucing cantik yang selalu senang berada di dekat manusia. Sikap ramah kucing European Burmese tak sekadar pada manusia, tetapi juga dengan hewan peliharaan lainnya. Kucing ini merupakan jenis yang tepat jika Anda mempunya beberapa jenis hewan peliharaan di rumah.

Ukuran dari kucing ini tak terlalu besar, ukuran bulunya pendek, dan tergolong sebagai kucing yang jarang memicu alergi. Kucing ini juga manja, setia, serta perawatannya termasuk mudah, Anda.

  1. Ragdoll

Kucing dengan ukuran besar ini memiliki berat hingga lebih dari 7 kilogram! Ragdoll juga terkenal memiliki penampilan cantik, karakternya menyenangkan, serta tidak agresif. Ukuran bulunya panjang, bermata bulat, serta warna bulu kecokelatan di area wajah membentuk seperti topeng.

Ragdoll cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan pertama bagi Anda, karena mereka lebih mudah beradaptasi dengan manusia maupun hewan lainnya. Sayangnya, jenis ini kurang cocok bagi Anda yang gemar bermain aktif dengan kucing, karena ragdoll cenderung lebih senang untuk bermalas-malasan di pangkuan pemiliknya.

  1. British Shorthair

Bagi Anda yang hendak memelihara kucing lembut dan ramah, jenis ini adalah pilihan yang tepat. Kucing British Shorthair mudah bergaul dengan manusia serta hewan lainnya, jarang sakit, perawatannya mudah, dan biasanya memiliki umur panjang. British shorthair yang memiliki asal nenek moyang dari kucing pekerja ini juga sangat berbakat dalam berburu tikus lho, Anda.

  1. Birman

Siapa yang tidak jatuh hati melihat kucing dengan wajah bulat, imuy, mata berwarna biru terang, serta ramah dengan manusia. Sikap serta bentuk fisik dari kucing jenis ini memang sama-sama penuh pesona. Birman terkenal lembut, manja, penyayang, dan ramah dengan manusia. Jenis kucing ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan pertama untuk anak.

Hewan ini adalah jenis kucing rumahan yang senang mengikuti tiap langkah Anda ke seluruh penjuru rumah. Perawatannya juga mudah. Walau demikian, wajib diperhatikan bahwa kucing jenis ini mempunyai bulu panjang dan mungkin akan membuat alergi bagi Anda yang alergi dengan bulu hewan. Walau begitu, tak perlu panik karena bulu kucing ini tak mudah rontok kok, Anda.

  1. Abyssinian

Bagi Anda yang menginginkan jenis kucing yang cerdas, aktif, , setia, dan mudah akrab dengan manusia, abyssinian sangat cocok bagi Anda. Meski begitu, perlu diingat bahwa kucing ini termasuk dalam jenis kucing yang aktif dan harus sering diajak bermain, jadi mungkin akan lebih cocok untuk dipelihara oleh anak yang berusia sekolah (bukan balita).

Para pemilik abyssinian pasti mengetahui kecerdasan kucing ini sangat baik, ada saja tingkah lakunya yang akan menyita perhatian Anda serta membuat orang di sekitarnya tertarik dengannya. Abyssinian yang aktif juga bukan jenis kucing yang senang dipangku dan bermanja-manja seharian, karena kucing ini lebih senang diajak bermain dengan bebas di alam terbuka.

Jenis kucing ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki rumah dengan halaman luas atau berdekatan dengan taman untuk bermain bebas.

Itulah penjelasan mengenai jenis kucing terbaik untuk dipelihara. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait