Wabup Pessel: Fungsi Puskesmas Harus Diperkuat

Pesisir Selatan
Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah. (Foto: Ist.)

PESISIR SELATAN (SumbarFokus)

Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tetap memprioritaskan pembangunan kesehatan, salah satunya dalam bentuk pembenahan dan memperkuat fungsi seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Ya, puskesmas sebagai garda terdepan atau ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kecamatan, tentu fungsinya harus diperkuat, baik dari sisi aparatur maupun pelayanan pelayanan kesehatan,” tegas Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah, Rabu (18/1/2023) di Painan.

Dikatakan, dengan dibangunnya sejumlah gedung baru puskesmas secara representatif, diminta seluruh tenaga kesehatan agar melakukan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat. Begitu juga dengan bidan yang berada di pusat kesehatan nagari (Puskesri) harus berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Selain itu menurut wabup, puskesmas juga dituntut untuk memiliki pelayanan unggulan yang berakses langsung ke masyarakat seperti pelayanan kesehatan terhadap beberapa penyakit yang rawan terjadi pada masing-masing daerah kerja Puskesmas tersebut.

Sekarang, setiap kecamatan telah memiliki Puskesmas baik Puskesmas Rawat Jalan maupun Puskesmas Rawat Inap. Sementara Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) juga tersebar di 15 kecamatan yang ada.

Di sisi lain lanjutnya, kualitas sumber daya tenaga kesehatan terus ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan. “Hal itu amat penting sehingga pelayanan kesehatan pada masyarakat semakin optimal di masa mendatang,” kata bupati.

Selain itu wabu juga mengapresiasi langkah puskesmas dalam melakukan penanganan dan pemberantasan stunting melalui motto “Pasan Mandeh”. “Tentu, motto tersebut tidak akan berjalan maksimal kalau tidak ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Wabup lebih lanjut berharap kepada tenaga kesehatan agar melakukan tugas dan fungsi dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan kepada masyarakat bupati berharap supaya melaksanakan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, dr.Syahrizal Antoni menegaskan, pihaknya tetap konsentrasi membenahi dan memperkuat fungsi Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah meningkatkan disiplin aparatur, pelayanan medis, penyuluhan kesehatan masyarakat, pembenahan dan kebersihan lingkungan.

(000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait