Uji Kelayakan dan Kepatutan, Nasib 15 Calon Komisioner KI Sumbar Segera Ditentukan

Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar Rafdinal. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Komisi I DPRD Sumatera Barat (Sumbar) sejak Kamis hingga Jumat menggelar fit and proper test terhadap 15 nama calon komisioner KI Sumbar.

Bacaan Lainnya

“Iya, hari ini dan Jumat besok, Komisi I DPRD Sumbar melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 15 nama Calon Komisioner KI Sumbar,” ujar Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar Ust Rafdinal, Kamis (19/1/2023).

Menurut Rafdinal, hari ini dan besok itu menjadi tahapan akhir dari seleksi panjang yang telah diikuti dan dilewati oleh 15 calon KI Sumbar tersebut.

“Proses uji kelayakan dan kepatutan seperti panel atau kayak ujian disertasi doktor, wakil rakyat akan menggali terkait personal dan kekomisi informasian para calon. Nantinya tahapan uji kelayakan dan kepatutan menetukan komisioner terpilih dan calon PAW dari komisioner terpilih,” ujar Rafdinal.

Hasil fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) akan disampaikan ke Ketua DPRD Sumbar.

“Ketua DPRD menyurati Gubernur Sumbar untuk di SK-kan dan dilantik oleh Gubernur,” ujar Rafdinal.

Dari 15 nama calon KI Sumbar menjalani fit and proper test itu, terdapat tiga nama patahana yaitu Nofal Wiska, Arif Yumardi, dan Tanti Endang Lestari. Ada juga beberapa dengan latar belakang jurnalis seperti Fadhil, Mona, dan Syawaldi, ada profesi pengusaha dan aktifis M Syahbana, Musfi Yendra, dan lainnya. (000/ki)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait