Wabup Risnawanto Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Musala MTsS Istiqomah Talamau

Wakil Bupati Risnawanto, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Musala MTsS Istiqomah, di Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (30/5/2024). (Foto: Pemkab Pasaman Barat/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Wakil Bupati Risnawanto menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Musala MTsS Istiqomah Talamau di Kenagarian Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (30/5/2024).

Bacaan Lainnya

Kedatangan Wakil Bupati Risnawanto bersama rombongan disambut meriah oleh para siswa siswa, majelis guru, dan orang tua yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Risnawanto, dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah daerah Pasaman Barat akan mendukung setiap kegiatan maupun urusan dari MTsS Istiqomah Talamau, yang saat ini sedang proses pengalihan status dari sekolah swasta ke negeri.

“Apabila ada urusan nantinya ke pusat yang membutuhkan peran dari pemerintah, kami siap bersedia membantu dalam mendukung hal yang menjadi persyaratan dalam percepatan pengalihan status menjadi sekolah negeri, dikarenakan dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu dukungan dari banyak pihak demi mencerdaskan anak bangsa,” tutur dia.

Dikatakan, Kecamatan Talamau dulunya pernah menjadi pusat pendidikan di Pasaman Barat, sehingga sejarah tersebut harus dikembalikan lagi. Saat ini, kemajuan dari pendidikannya masuk dalam lima besar di Kabupaten Pasaman Barat.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar tidak tertinggal dari daerah lain, makanya perlu keterlibatan dari semua pihak. Tidak hanya pemerintah, namun juga orang tua serta masyarakat, juga harus ikut serta dalam menyukseskan program pemerintah daerah terutama di bidang pendidikan.

“Dalam momentum peletakan batu pertama ini, saya juga menghimbau kepada guru-guru, orang tua dan masyarakat serta penggiat pendidikan untuk dapat saling bekerjasama dalam membangun sekolah dan musala ini untuk kepentingan anak-anak kita dalam menimba ilmu,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kakankemenag Pasaman Barat Rali Tasman juga menjelaskan, Kementerian Agama memiliki dua fungsi yakni keagamaan dan pendidikan. Untuk pendidikan sendiri yaitu madrasah, yang bertanggung jawab pada pendidikan agama di sekolah-sekolah pemerintah dan khusus untuk MTsS Istiqomah Talamau sendiri sudah diusulkan menjadi sekolah negeri.

Namun, semua itu tentunya harus melalui proses yang panjang karena melalui tiga kementerian yaitu personil dari kementerian PanRB, keuangan dari Kementerian Keuangan dan studi kelayakan dari Kementerian Agama.

“Untuk studi kelayakan dari Kementerian Agama sendiri sudah selesai, dan tinggal menunggu Kemenpan RB, selanjutnya berdasarkan informasi, Pasaman Barat tinggal menunggu peraturan Kemenpan, untuk 17 madrasah negeri di Sumatera Barat termasuk MTSS Istiqomah Talamau, mudah-mudahan semua dapat berjalan dengan lancar,” sebutnya.

Sementara, Ketua Yayasan MTsS Istiqomah Talamau Baharuddin R mengatakan, bahwa MTsS Istiqomah ini sudah berdiri selama 13 tahun, dengan awal berberdirinya menumpang di Masjid Istiqomah. Namun, saat ini MTsS Istiqomah telah berdiri di tanah hibah dari warisan.

“Semoga proses penggantian status dari swasta menjadi negeri berjalan dengan baik, karena syarat yang diminta sudah dilengkapi, sehingga apabila sudah beralih status menjadi negeri dapat dibantu oleh pemerintah baik dari segi pembangunan sarana prasarana maupun pembelajaran yang diberikan,” tuturnya.

Selain itu, Kepala Sekolah MTsS Ismaiza Busti menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk melihat kondisi pendidikan saat ini dan di MTsS Istiqomah ini menginginkan bisa memainkan peran agar bermutu di tengah masyarakat. MTsS Istiqomah ini siap membina anak-anak didik untuk lebih berkarakter dan agamis.

Ia menyebut, alasan dibangunnya musala itu adalah untuk memudahkan peserta didik dalam proses mempelajari ilmu agama, karena selama ini apabila adanya praktek salat dan lainnya dilakukan di Masjid Raya Sinuruik yang jaraknya 100 meter dari sekolah.

Pihaknya berdirinya sebuah musala, dengan peletakan batu pertama ini menjadi langkah awal dalam pembangunan yang akan digunakan nantinya dalam membimbing anak didik kita di sekolah MTsS ini.

“Sekolah ini merupakan sekolah pertama yang bergerak di bidang keagamaan di Nagari Sinuruik, dan semoga ke depannya sekolah ini secepatnya dapat berubah menjadi negeri,” harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Talamau Afriadi, Wali Nagari Sinuruik Prianton, Ketua Panitia MtsS Istiqomah Iza Arman, wali murid, tokoh masyarakat serta stakeholder terkait lainnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait