10 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Tips Tidak Mabuk Perjalanan
Tips agar tidak mabuk perjalanan yang pertama adalah memilih tempat duduk yang minim guncangan. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Mabuk perjalanan sering dikeluhkan oleh pelaku perjalanan. Mual, muntah, pusing, sakit kepala, keringat berlebih, dan lemas di dalam kendaraan yang bergerak adalah gejala-gejala yang menandakan mabuk perjalanan.

Bacaan Lainnya

Kondisi ini terjadi ketika otak salah mengartikan sinyal gerakan yang dikirim oleh mata, telinga, otot, dan persendian. Hal ini kemudian menyebabkan penderitanya merasa mual dan mengalami mabuk perjalanan. Namun, jangan khawatir, ada berbagai tips agar tidak mabuk perjalanan yang terbukti ampuh dan mudah dilakukan.

Tips Tidak Mabuk Perjalanan

Supaya perjalanan menjadi lancar dan menyenangkan, cobalah lakukan beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan berikut ini:

  1. Pilih tempat duduk yang tepat

Tips agar tidak mabuk perjalanan yang pertama adalah memilih tempat duduk yang minim guncangan, misalnya kursi penumpang depan saat berpergian menggunakan mobil dan kursi pesawat yang sejajar dengan sayap.

Usahakan pula untuk memilih tempat duduk yang menghadap ke depan atau searah dengan laju kendaraan untuk mencegah mabuk kendaraan.

  1. Hirup udara segar

Berada di dalam kendaraan yang tertutup, dalam waktu yang lama, seperti saat naik mobil, terkadang membuat Anda merasa pengap, pusing, dan mual. Saat mulai merasa pengap, hiruplah udara segar dengan membuka jendela. Ini merupakan tips agar tidak mabuk perjalanan yang sering dilakukan.

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk membuka jendela, arahkan AC ke diri Anda guna menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik.

  1. Penuhi asupan cairan

Memastikan asupan tubuh terpenuhi adalah tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa Anda lakukan. Dengan memenuhi asupan cairan, Anda dapat terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan kepala terasa pusing dan mual.

Oleh karena itu, pastikan untuk membawa air secukupnya saat Anda hendak berpergian. Selain air putih, jus dan susu dapat menjadi pilihan minuman yang aman dikonsumsi selama di perjalanan.

Sementara itu, kopi dan minuman bersoda justru dapat memicu dehidrasi dan menyebabkan Anda mengalami mabuk perjalanan.

  1. Konsumsi jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah mabuk perjalanan. Penelitian menunjukkan bahwa jahe mampu menjaga fungsi pencernaan termasuk mengurangi rasa mual.

Mengonsumsi minuman jahe atau permen jahe merupakan tips agar tidak mabuk perjalanan yang terbukti ampuh. Bahkan, mengonsumsi jahe dianggap lebih efektif daripada minum obat yang biasa digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan.

  1. Hirup minyak peppermint

Tips agar tidak mabuk perjalanan yang berikutnya adalah dengan menghirup minyak peppermint. Aroma dari minyak peppermint terbukti ampuh dalam meredakan mual.

Meski demikian, jangan menghirup minyak ini lebih dari 1 jam karena justru memicu rasa mual.

  1. Menekan pergelangan tangan

Menekan titik akupresur di sepanjang pergelangan tangan adalah tips agar tidak mabuk perjalanan yang sudah lama dipraktikkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Anda dapat menekan pergelangan tangan bagian dalam hingga lipatan siku menggunakan 3 jari, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis selama beberapa detik untuk mencegah rasa mual.

  1. Kurangi penggunaan gawai

Menggunakan gawai adalah salah satu kegiatan yang kerap dilakukan untuk mengatasi rasa bosan di perjalanan. Nyatanya, penggunaan gawai secara terus menerus justru memicu mabuk perjalanan. Hal ini terjadi karena ketidaksesuaian sinyal yang diterima mata dan telinga, sehingga menimbulkan gejala mabuk perjalanan.

Jadi, mengurangi penggunaan gawai di perjalanan adalah salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa Anda terapkan.

  1. Hindari membaca buku di perjalanan

Sama seperti penggunaan gawai, ketidaksesuaian sinyal yang diterima otak, mata, dan telinga saat Anda membaca buku juga dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Sebagai gantinya, Anda dapat mendengarkan musik atau tidur untuk mengatasi kebosanan di perjalanan.

  1. Hindari makanan yang memicu asam lambung

Hindari mengonsumsi makanan pedas, berminyak, dan asam sebelum maupun selama di perjalanan. Pasalnya, makanan-makanan tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Kondisi tersebut menyebabkan mual dan muntah dan memperparah keluhan mabuk perjalanan.

Lebih baik, konsumsilah makanan ringan, seperti roti, biskuit, pisang, dan apel, yang aman bagi lambung.

  1. Konsumsi obat mabuk perjalanan

Jika tips agar tidak mabuk perjalanan di atas dirasa belum ampuh, Anda bisa mengonsumsi obat mabuk perjalanan, seperti scopolamine, promethazine, atau dramamine. Obat-obatan ini harus dikonsumsi sebelum perjalanan agar efektif mencegah mabuk perjalanan.

Itulah penjelasan mengenai tips supaya tidak mual dalam perjalanan. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait