244 Mustahik di Agam Terima Program Zakat Pemerintah Daerah

244 Mustahik di Agam Terima Program Zakat Pemerintah Daerah. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Sebanyak 244 penerima zakat (mustahik) di Kabupaten Agam menerima bantuan biaya pendidikan dan kesehatan dari Pemkab Agam, Rabu (3/7/2024).

Bacaan Lainnya

Ketua Baznas Kabupaten Agam Isman Imran menyampaikan pendistribusian zakat program pemerintah ini terdiri dari program Agam Cerdas, Agam Sehat dan Agam Peduli.

Isman Imran merinci, pendistribusian zakat yang berlangsung di Balairung Rumah Dinas Bupati di Lubuk Basung ini terdiri dari 34 mustahik untuk program Agam sehat. Kemudian, 19 mustahik untuk program Agam Peduli.

“Pada pendistribusian kali ini, mustahik terbanyak yakni program Agam Cerdas sebanyak 191 mustahik,” sebutnya.

Diterangkan lebih lanjut, para mustahik ini sebelumnya telah melewati sejumlah seleksi seperti verifikasi informasi, survei, sidang pleno dan putusan.

“Mustahik yang menerima zakat hari ini adalah orang-orang telah melewati proses seleksi sesuai dengan ketentuan pemerintah dan agama,” ucapnya.

Ditambahkan, setelah penyaluran zakat pihaknya akan terus melalukan pemantauan dan evaluasi kepada para penerima agar zakat yang diberikan tepat sasaran.

Sementara itu, Bupati Agam diwakili Asisten I Rahman menyampaikan, pendistribusian zakat merupakan upaya pemerintah daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Menurutnya, Program Agam Cerdas merupakan upaya meningkatkan SDM masyarakat melalui sektor pendidikan. Dikatakan, pendidikan menjadi instrumen penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Demikian juga halnya dengan Program Agam Sehat, Agam Peduli dan Agam Makmur, ini semata-mata untuk peningkatan kesejahteraan,” ujar Rahman.

Pihaknya menekankan, para mustahik penerima bantuan agar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik mungkin. Pasalnya, bantuan yang diterima merupakan titipan zakat dari para muzaki.

“Kami berharap, jika hari ini para mahasiswa menjadi mustahik, semoga setelah tamat kuliah nanti dan sukses bisa menjadi muzaki bagi mereka yang membutuhkan,” pungkasnya.(000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait