4 Cara Memilih dan Menyimpan Tahu Agar Awet

4 cara memilih dan menyimpan tahu agar awet. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Tahu adalah satu makanan yang kaya akan sumber protein nabati. Tahu terbuat endapan biji kedelai.

Bacaan Lainnya

Seringkali tahu juga dijadikan sebagai pengganti sumber protein bagi vegetarian untuk menggantikan kebutuhan gizi yang biasanya didapat dari daging.

Di pasaran, tahu sangat mudah didapatkan dan harga nya juga murah. Masyarakat juga sangat menyukai tahu karena tahu bisa di jadikan berbagai macam jenis masakan contohnya tahu goreng, tahu isi, pregedel tahu dan lain-lain.

Namun, apakah anda sudah tahu bagaimana cara memilih dan menyimpan tahu agar awet lebih lama?

Berikut tips agar tahu yang anda beli bisa lebih awet:

1. Pilihlah Tahu yang Berkualitas
Ciri-ciri dari tahu yang berkualitas atau kondisinya bagus adalah bagian luar tahu tidak berlendir, tidak tercium aroma aneh seperti obat-obatan.

2. Buang Air Tahu Pada Kemasan
Ketika ingin menyimpan tahu, sebaiknya rendam terlebih dahulu tahu dengan air bersih dengan kata lain air yang terdapat pada kemasan dibuang terlebih dahulu dan diganti dengan air bersih. Sebaiknya gunakanlah air matang atau air minum. Dan jika ingin menyimpan tahu lebih lama, gantilah air tahu sehari sekali.

3. Simpan di dalam Wadah Tertutup
Tahu akan lebih awet jika anda menyimpannya dalam wadah yang kedap udara dan penutup nya rapat, karena jika wadah tertutup maka jamur atau bakteri akan sulit tumbuh.

4. Simpan di dalam Kulkas
Cara yang paling mudah dan efektif untuk menyimpan tahu agar lebih awet adalah memasukkannya ke dalam kulkas. (BBS/Magang/Zeni)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait