5 Warna Bola Mata Terlangka di Dunia

5 Warna Bola Mata Terlangka di Dunia. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Mata manusia adalah organ menarik yang membantu kita untuk melihat. umumnya, orang-orang memiliki warna mata gelap hingga cokelat.

Bacaan Lainnya

Namun, karena ada beberapa faktor warna mata setiap orang bisa berbeda-beda. Bahkan ada beberapa warna yang termasuk langka. Salah satu faktornya yaitu gen yang kita warisi dari orang tua.

Berdasarkan data World Atlas, terdapat beberapa warna mata paling langka di dunia berdasarkan persentasenya.

1. Heterochromia
Heterochromia adalah suatu kondisi yang menyebabkan warna mata seseorang berbeda antara bagian kanan dan kiri. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yakni karena keturunan, gangguan perkembangan mata, trauma pada mata, atau kondisi medis tertentu.

2. Abu-abu
Warna abu-abu jadi warna mata paling langka di dunia, yakni hanya dimiliki oleh kurang dari 1 persen saja. Warna mata paling langka ini banyak ditemukan di Eropa Utara dan Timur.

Orang bermata abu-abu memiliki sedikit melanin dan mengandung banyak kolagen. Kolagen inilah yang akan mencegah mata berubah menjadi biru.

Uniknya, warna mata abu-abu dapat berubah warna dalam pencahayaan yang berbeda. Misalnya, warna mata abu-abu akan terlihat hijau di bawah sinar matahari langsung, dan lebih biru atau bahkan ungu dalam pencahayaan dalam ruangan.

3. Hijau
Warna mata hijau hanya sekitar 2 persen dari setiap 100 manusia di dunia. Warna mata hijau banyak dimiliki oleh orang-orang yang berada di Eropa Utara, Tengah, dan Barat, dengan 16 persen diantaranya adalah keturunan Celtic dan Jerman.

4. Amber
Warna mata Amber hanya berjumlah 5 persen saja di dunia. Orang bermata amber memiliki iris dengan warna kuning keemasan atau tembaga tanpa bintik emas, hijau, atau coklat. Warna mata jenis ini umumnya dimiliki oleh anjing, ikan, dan burung.

5. Hazel
Orang bermata hazel paling sering ditemukan di Eropa dan Amerika Serikat. Warna mata ini juga hanya ada 5 persen di dunia. Warna yang dihasilkan oleh jenis ini adalah warna coklat muda atau kekuningan dengan bintik emas, hijau dan coklat. Warna mata jenis ini umumnya dimiliki oleh kucing.
(BBS/Magang/Dewi)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait